3 Pemain dengan Market Value Terbesar di Timnas Indonesia

Sabtu, 30 Desember 2023 - 12:04 WIB
loading...
3 Pemain dengan Market Value Terbesar di Timnas Indonesia
Nilai pasar (market value) skuad Timnas Indonesia sepertinya menarik untuk diulas jelang Piala Asia 2023. Apalagi saat ini, tim besutan Shin Tae-yong dihuni beberapa pemain naturalisasi / Foto: Kolase
A A A
Nilai pasar (market value) skuad Timnas Indonesia sepertinya menarik untuk diulas jelang Piala Asia 2023 . Apalagi saat ini, tim besutan Shin Tae-yong dihuni beberapa pemain naturalisasi.

Jelang Piala Asia 2023, PSSI terus membarui skuad Timnas Indonesia dengan menaturalisasi beberapa pemain keturunan. Belum lama ini, ada nama Jay Idzes yang resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai mengambil sumpah, Kamis (28/12/2023).

Meskipun Idzes tidak bisa tampil membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, namun pemain Venezia tersebut tetap mengundang atensi penggemar sepak bola di Tanah Air. Apalagi jika berbicara mengenai nilai pasar.



Nilai pasar pemain Timnas Indonesia memang menarik untuk diulas. Berdasarkan data Transfermarkt, nilai pasar terkini Timnas Indonesia mencapai Rp154 miliar.

Dari jumlah yang fantastis tersebut, ada tiga pemain yang memiliki market value terbesar di Timnas Indonesia. Siapa sajakah mereka?

Berikut 3 Pemain dengan Market Value Terbesar di Timnas Indonesia

1. Sandy Walsh


Selama bergabung dengan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kerap memperlakukan Sandy Walsh sebagai pemain yang serbabisa. Meskipun ia punya kelebihan mengambil peran sebagai bek tengah, namun pelatih asal Korea Selatan itu juga pernah menurunkannya sebagai bek kanan.

Sandy Walsh pernah bertanggung jawab untuk menjaga pertahanan sisi kanan. Selain tugas defensifnya, bek kanan juga bisa mendukung serangan tim dengan memberikan umpan silang atau mendukung serangan balik.

Kelebihan yang dimiliki Sandy Walsh membuat ahli strategi yang menanganinya mudah untuk melakukan eksperimen. Sehingga tak aneh perannya sangat krusial baik di klub maupun Timnas Indonesia.

Berbicara mengenai market value, Sandy Walsh menjadi pemain tertinggi di skuad Timnas Indonesia saat ini dengan 1,5 juta euro atau sekira Rp25 miliar.

2. Jay Idzes


Jay Idzes resmi menjadi WNI usai ambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023). Pemain yang bisa mengambil posisi sebagai bek tengah dan gelandang bertahan ini memiliki segudang pengalaman bermain di Eropa.

Idzes diketahui pernah membela PSV Eindhoven di level akademi. Kemudian pindah ke VVV Venlo pada 2014. Selang dua tahun kemudian, ia melanjutkan kariernya bersama FC Eindhoven di level U-17.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)