Bolehkah Seorang Muslimah Membuat Resolusi di Tahun Baru Masehi?

Minggu, 31 Desember 2023 - 05:15 WIB
loading...
Bolehkah Seorang Muslimah Membuat Resolusi di Tahun Baru Masehi?
Seorang muslim boleh melakukan atau membuat resolusi di tahun baru masehi asal tahu aturan dan syarat-syaratnya yang sesuai dengan kaidah Islam. Foto ilustrasi/ist
A A A
Pergantian tahun masehi sudah tinggal beberapa saat lagi. Bolehkah seorang muslimah melakukan atau membuat resolusi di tahun baru masehi? Bagaimana hukumnya dalam Islam?

Dilansir di laman About Islam, Anne Myers lulusan Wellesley College dan memegang gelar Master of Divinity yang berfokus pada studi Islam mengatakan, tidak ada salahnya seorang Muslim membuat resolusi. Atau merencanakan sesuatu sehingga lebih mudah apa yang ingin dicapai. Menurutnya, ada dua bagian penting yang membentuk perilaku manusia di antaranya, niat dan tindakan .

Niat merupakan proses berpikir yang dimiliki orang, dan tindakan adalah apa yang dilakukan orang secara fisik atau manifestasi dari pikiran ini.

Allah Subhanahu Wata'ala menilai niat dan tindakan seorang manusia. Dalam sebuah hadits Qudsi yang terkenal mengatakan:

"Sesungguhnya Allah menulis kebaikan-kebaikan dan kesalahan-kesalahan kemudian menjelaskannya. Barangsiapa berniat melakukan kebaikan namun dia tidak (jadi) melakukannya, Allah tetap menuliskanya sebagai satu kebaikan sempurna di sisi-Nya. Jika ia berniat berbuat kebaikan kemudian mengerjakannya, maka Allah menulisnya di sisi-Nya sebagai sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kali lipat sampai kelipatan yang banyak. Barangsiapa berniat berbuat buruk namun dia tidak jadi melakukannya, maka Allah menulisnya di sisi-Nya sebagai satu kebaikan yang sempurna. Dan barangsiapa berniat berbuat kesalahan kemudian mengerjakannya, maka Allah menuliskannya sebagai satu kesalahan," (HR Bukhari dan Muslim).

Jika seseorang membuat keputusan untuk melakukan perbuatan baik, seperti bersedekah, dan akhirnya tidak melakukannya, ia tetap akan menerima pahala karena niatnya baik.Karena itu, sebaiknya berhati-hatilah dengan menyatakan resolusi.

Hati-hati Saat Membuat Resolusi

Dalam hukum Islam, ada perbedaan derajat dalam membuat niat untuk melakukan sesuatu. Sumpah, misalnya, melibatkan seseorang yang mengucapkan dengan lantang bahwa mereka bersumpah demi Allah untuk melakukan atau tidak melakukan suatu hal.

Berjanji melibatkan seseorang yang mengatakan dengan lantang bahwa mereka bersumpah jika peristiwa yang diinginkan terjadi, dan mereka akan melakukan tindakan penyembahan.

Berjanji dan sumpah karena diucapkan dengan lantang dan melibatkan sumpah kepada Allah untuk melakukan sesuatu. Hal ini dianggap mengikat secara hukum dan masuk ke dalam semacam kontrak dengan Allah.

Jika seseorang melanggar janji atau sumpahnya, mereka diharuskan membayar tebusan untuk itu, yang bervariasi setiap kasus.

Karena itu, saat membuat resolusi, terutama sesuatu yang biasa-biasa saja seperti resolusi tahun baru yang mungkin tidak dapat ditindaklanjuti, penting untuk memastikan seseorang tidak memasukkan dirinya ke dalam janji atau sumpah. Terkecuali mereka yakin dapat menjaga resolusi dan siap menawarkan tebusan tidak bisa menjalankannya.

Dalam hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam disebutkan:

"Perbuatan yang paling dicintai Allah adalah yang paling konsisten, meskipun kecil." (HR Bukhari dan Muslim).

Pilih tujuan yang tidak terlalu sulit dan dapat dilakukan secara teratur, dan pertahankan tujuan tersebut sebaik mungkin. Misalnya, daripada memutuskan melaksanakan salat tahajud setiap hari, mulailah dengan hanya melakukannya sepekan sekali. Begitu dapat menguasainya, maka dapat ditambah lagi. Lebih baik bertahap, agar selanjutnya bisa konsisten.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)