Pupuk Kaltim Raih BI Award 2023, Begini Kontribusinya

Sabtu, 30 Desember 2023 - 13:36 WIB
loading...
Pupuk Kaltim Raih BI Award 2023, Begini Kontribusinya
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) meraih BI Award 2023, penghargaan ini didasari atas tiga kriteria penilaian. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pupuk Kalimantan Timur ( Pupuk Kaltim ) meraih Bank Indonesia atau BI Award 2023 kategori Korporasi Responden Statistik Terbaik, sub kategori Responden Survei Terbaik dari Bank Indonesia. Penghargaan itu diberikan atas kesinambungan dukungan perusahaan terhadap tugas Bank Indonesia (BI) dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan keuangan negara.



Pupuk Kaltim dinilai menjadi salah satu mitra kerja aktif yang berpartisipasi mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia , utamanya sebagai responden dengan karakteristik subyek yang diperlukan dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Penghargaan ini didasari atas tiga kriteria penilaian, melihat kontribusi yang diberikan Pupuk Kaltim dari tahun ke tahun. Mulai dari kontinuitas partisipasi dalam survei di seluruh periode, kelengkapan jawaban survei secara lengkap terhadap data atau informasi yang dibutuhkan, serta ketepatan waktu penyampaian jawaban survei sebelum due date yang ditetapkan.

"Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi atas penghargaan yang diberikan BI kepada kami, dan ini semakin memotivasi untuk terus meningkatkan kinerja keuangan di lingkungan perusahaan. Termasuk mendukung tugas BI melalui sinergi dan kolaborasi, guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman, saat menerima penghargaan, dikutip Jumat (29/12/2023).



Sejalan dengan tema ”Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional" pada pertemuan BI tahun ini, Pupuk Kaltim pun turut mendorong pengembangan melalui strategi hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah sekaligus penggerak perekonomian nasional. Selain itu juga memperkuat sinergi untuk mendorong akselerasi pengembangan ekonomi keuangan inklusif dan hijau, melalui dukungan terhadap UMKM.

Penguatan UMKM dilakukan melalui peningkatan produktivitas pelaku usaha, serta mendorong transformasi UMKM agar naik kelas dan berdaya saing untuk meraih potensi pasar dengan lebih luas. Salah satu upayanya, melakukan penguatan dan perluasan ekosistem digitalisasi UMKM dan secara kreatif menumbuhkan geliat pelaku usaha dengan berbagai kesinambungan pembinaan yang tepat sasaran.

"Hal ini pun menjadi salah satu fokus Pupuk Kaltim untuk memberi manfaat guna meningkatkan ekonomi dan kemandirian di masyarakat, mengingat UMKM merupakan sektor yang sangat berpengaruh terhadap PDB nasional," tambah Qomaruzzaman.

Saat ini Pupuk Kaltim dalam proses pengembangan perusahaan dengan berbagai proyek investasi, di antaranya penugasan pemerintah pada proyek strategis nasional (PSN) kawasan industri pupuk Fakfak Papua Barat, dengan membangun pabrik amonia-urea dan juga beberapa lainnya di kawasan industri eksisting di Bontang, Kalimantan Timur.

"Dengan dukungan seluruh pihak, Pupuk Kaltim semakin optimistis amanah dan kepercayaan yang saat ini dijalankan dapat terlaksana dengan lebih maksimal," imbuh Qomaruzzaman.

Gubenur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan BI Award 2023 merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada seluruh mitra strategis, mulai dari perbankan, korporasi hingga perorangan. Tahun ini ada 64 mitra strategis BI yang menerima penghargaan, sebagai bentuk pengakuan nasional kepada para mitra kerja yang telah mendukung pelaksanaan tugas BI sepanjang tahun 2023.

"Penghargaan ini juga merefleksikan jalinan sinergi antara Bank Indonesia dan para mitra strategis, bersama-sama pemerintah, OJK dan LPS dalam memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi nasional," ucap Perry Warjiyo.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)