Di HUT ke-43, Polri Minta Satpam Tingkatkan Sinergi Wujudkan Pemilu Aman dan Damai

Sabtu, 30 Desember 2023 - 20:20 WIB
loading...
Di HUT ke-43, Polri Minta Satpam Tingkatkan Sinergi Wujudkan Pemilu Aman dan Damai
Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Edy Murbowo meminta Satpam meningkatkan kompetensi dan sinergi untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43, Satuan Pengaman (Satpam) bersama dengan Polri, dan sejumlah asosiasi melakukan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menghormati Bapak Satpam Indonesia yakni, Jenderal Polisi Awaloedin Djamin ini diikuti Asosiasi Pengguna Jasa Security Indonesia (APJASI), Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI), dan beberapa asosiasi sekuriti lainnya.

Acara yang mengambil tema "Satpam Tangguh Mendukung Pemilu Aman dan Damai" ini merefleksikan sinergi antara Satpam dan Polri dalam memperkuat keamanan nasional, khususnya menjelang tahun politik.



Tidak hanya itu, acara ini juga menyoroti peran Satpam dalam menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks di era kemajuan teknologi dan digitalisasi, terutama menjelang Pemilu 2024.

Direktur Pembinaan Potensi Masyarakat (Dirbinpotmas), Korps Pembinaan Masyarakat (Korbinmas), Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian (Baharkam) Polri Brigjen Pol Edy Murbowo sebagai inspektur upacara menekankan perlunya sinergi pengamanan menjelang pemilu.



"Sebagai fungsi pengemban kepolisian terbatas, Satpam diharapkan ikut membantu Polri dalam menciptakan kondisi aman dilingkungan kerja masing-masing,” katanya, Sabtu (30/12/2023).

Khusus menjelang pemilu, Edy menekankan, perlunya melakukan pengawasan dan pengamanan agar masyarakat menjadi tenang dan nyaman dalam menyambut pesta demokrasi di Indonesia.

“Satpam harus bisa bertindak lebih dari sekadar penjaga, mereka harus menjadi bagian integral dalam menyelesaikan masalah keamanan. Peningkatan kompetensi yang berkesinambungan dan kemampuan untuk bertindak sebagai problem solver adalah kunci,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)