5 Senjata Kontroversial yang Digunakan Israel Membunuh Warga Palestina Sepanjang 2023

Minggu, 31 Desember 2023 - 12:58 WIB
loading...
5 Senjata Kontroversial yang Digunakan Israel Membunuh Warga Palestina Sepanjang 2023
Tentara Israel menggunakan berbagai senjata kontroversial dalam membunuh warga Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Seorang pejabat Israel mengakui bahwa militer negaranya telah menggunakan amunisi yang tidak tepat dalam serangan terhadap kamp pengungsi Maghazi yang menewaskan sedikitnya 90 orang awal pekan ini.

Pejabat itu mengatakan bahwa militer Israel akan menyelidiki apa yang terjadi. Meskipun hanya sedikit yang diketahui mengenai amunisi spesifik yang digunakan di Maghazi, ini bukan pertama kalinya tentara Israel menghadapi kritik atas dugaan atau konfirmasi penggunaan senjata kontroversial dalam perangnya di Gaza.

Israel mengatakan tujuannya adalah untuk “menghilangkan sepenuhnya” Hamas, yang menyerang Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, namun kenyataan di lapangan adalah pemusnahan generasi warga Palestina dan seluruh lingkungan mereka. Perang Israel telah menewaskan lebih dari 21.300 warga Palestina, termasuk sedikitnya 8.200 anak-anak, di Gaza. 7.000 orang lainnya hilang, mungkin terkubur di bawah reruntuhan lebih dari 313.000 rumah yang runtuh akibat perang Israel.

Al Jazeera melihat beberapa senjata yang telah digunakan dalam pemboman “tanpa pandang bulu” Israel di Jalur Gaza:

5 Senjata Kontroversial yang Digunakan Israel Membunuh Warga Palestina Sepanjang 2023

1. Bom bodoh

5 Senjata Kontroversial yang Digunakan Israel Membunuh Warga Palestina Sepanjang 2023

Foto/Reuters

Istilah ‘bom bodoh’ mengacu pada amunisi yang tidak dipandu, namun bebas jatuh dan hancur di mana pun mendarat.

Awal bulan ini, CNN melaporkan bahwa hampir setengah dari amunisi Israel yang digunakan di Gaza adalah “bom bodoh”, mengutip penelitian yang dilakukan oleh Direktur Intelijen Nasional Kantor Amerika Serikat.

Antara 40-45 persen amunisi yang dijatuhkan Israel di Gaza tidak terarah, namun amunisi tersebut kurang akurat dan mempunyai risiko lebih besar untuk menimbulkan korban sipil.

Marc Garlasco, mantan penyelidik kejahatan perang di PBB, menyebut penilaian intelijen AS “mengejutkan”.

“Pengungkapan [bahwa] hampir setengah dari seluruh bom yang dijatuhkan Israel di Gaza adalah bom bodoh yang tidak terarah benar-benar melemahkan klaim mereka dalam meminimalkan kerugian sipil,” tulis Garlasco di media sosial, dilansir Al Jazeera.

Laporan lain mengatakan Israel secara teratur menggunakan bom berkekuatan besar di Jalur Gaza yang padat penduduknya, meskipun ada peningkatan risiko korban sipil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0832 seconds (0.1#10.140)