Kabar Gembira Nih! Emak-emak Bisa Ngutang KUR Tanpa Bunga Lho

Senin, 10 Agustus 2020 - 18:10 WIB
loading...
Kabar Gembira Nih! Emak-emak Bisa Ngutang KUR Tanpa Bunga Lho
Pemerintah bakal ngasih utangan tanpa bunga lewat KUR. Foto/Ilustrasi/SINDONews
A A A
JAKARTA - Kabar gembira buat ibu rumah tangga yang ingin pinjam duit lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) . Dalam waktu dekat, pemerintah bakal membuka program pinjaman tanpa bunga melalui KUR perbankan. Namun demikian, pemerintah saat ini masih menggodok mekanisme pinjaman 0% tersebut. Nantinya, utangan tanpa tanpa bunga tersebut akan digabungkan ke dalam program KUR yang khusus menangani program stimulus UMKM.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan pinjaman tanpa bunga untuk rumah tangga masih menunggu desain atau skemanya dari pihak Satgas Penanganan Covid-19 dan PEN, serta dari para perbankan. "Untuk pinjaman tanpa bunga ini, kita masih menunggu dari satgas dan kelompok pelaksanaannya, yaitu melalui perbankan untuk bagaimana desainnya. Untuk sampai hari ini, saya belum bisa memberikan tambahan kecuali bahwa target grupnya didefisinisikan siapa mereka punya nama, rumah tangga itu punya usaha, punya namanya, punya alamatnya dan mungkin juga mulai masuk ke perbankan," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (10/8/2020).



Dia melanjutkan Kementerian Keuangan terus menjalin komunikasi dan kerja sama dengan para perbankan salah satunya dengan Bank BRI yang memiliki program bantuan untuk UMKM, serta BPD, dan perbankan lainnya."Ini akan menjadi tantangan paling besar dari program ini. nanti kita akan bekerjasama terutama untuk bank-bank yang sudah terbiasa menghadapi masyarakat dalam skala kecil yaitu UMKM seperti BRI, dan mungkin dari BPD atau bank lainnya," tandasnya.



Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Raden Pardede sebelumnya menyatakan bahwa belum bisa menjelaskan secara detail ihwal jumlah pasti yang menerima bantuan tersebut. Dia mengungkapkan, pemerintah akan memberikan bantuan itu bebarengan dengan penerima stimulus terhadap 12 juta pelaku UMKM.

"Terhadap UMKM ini jelas yang paling dasar bantuan produktif dan bantuan tunai secara masif untuk 12 juta UMKM. Kedua, akses terhadap keuangan. Jadi direncanakan sekarang ini dicoba untuk diperluas KUR. Pinjaman ini diberikan kepada ibu-ibu rumah tangga atau korban PHK akan diberikan subsidi bunga 0% sampai akhir tahun," imbuhnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4078 seconds (0.1#10.140)