Pascabencana Gempa, PVMBG Minta Masyarakat Tenang dan Tetap Waspada

Senin, 01 Januari 2024 - 08:51 WIB
loading...
Pascabencana Gempa, PVMBG Minta Masyarakat Tenang dan Tetap Waspada
Kepala PVMBG, Hendra Gunawan memberikan sejumlah rekomendasi pascagempa bumi M4,8 dan gempa susulan lainnya di Sumedang, Jawa Barat, Senin (1/1/2024). Foto/Ilustrasi gempa/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) , Hendra Gunawan memberikan sejumlah rekomendasi pascagempa bumi M4,8 dan gempa susulan lainnya di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Ia meminta masyarakat tetap tenang dan waspada.

"Masyarakat diimbau tetap tenang, mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat, tetap waspada dengan gempa bumi susulan dan jangan terpancing isu yang tidak bertanggung jawab terkait gempa bumi," kata Hendra saat dikonfirmasi, Senin (1/1/2024).

"Bagi penduduk yang rumahnya mengalami kerusakan agar mengungsi ke tempat aman sesuai arahan petugas BPBD setempat," tambahnya.



Hendra pun meminta agar bangunan di Kabupaten Sumedang yang dikelilingi sesar aktif mulai dari Sesar Cileunyi-Tanjungsari maupun Sesar Lembang.

"Bangunan di Kabupaten Sumedang harus dibangun menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa bumi guna menghindari risiko kerusakan. Selain itu juga harus dilengkapi dengan jalur dan tempat evakuasi," ujarnya.

Hendra pun merekomendasikan agar mitigasi gempa harus ditingkatkan karena wilayah Kabupaten Sumedang tergolong rawan.

"Kejadian gempa bumi ini diperkirakan tidak berpotensi mengakibatkan bahaya ikutan atau Collateral Hazard berupa retakan tanah, penurunan tanah, gerakan tanah dan likuefaksi," tuturnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)