alexametrics

Rupiah Diprediksi Bakal Menguat Tipis Hari Ini

loading...
Rupiah Diprediksi Bakal Menguat Tipis Hari Ini
Pergerakan rupiah diharapkan dapat mempertahankan tren kenaikannya meski tipis ketika minimnya sentimen negatif dari dalam negeri. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Pergerakan rupiah diharapkan dapat mempertahankan tren kenaikannya meski tipis. Minimnya sentimen negatif dari dalam negeri dan kecenderungan beberapa berita positif dari pernyataan Bank Indonesia dan Kemenkeu terhadap optimisme kian membaiknya ekonomi Indonesia.

Hal tersebut diyakini dapat memberikan imbas positif pada bertahannya rupiah di zona hijau. "Meski demikian, tetap cermati dan waspada jika terdapat potensi pembalikan arah," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Rupiah diestimasikan Reza akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.774/USD dan resisten Rp13.739/USD. Sementara, laju rupiah mampu menguat di tengah penilaian dari suatu lembaga rating yang mengatakan rupiah akan mengarah ke level Rp15. 000/USD.

Di sisi lain, adanya pernyataan dari Bank Indonesia dimana pelemahan Rupiah tidak mencerminkan fundamental ekonomi Indonesia dan perkiraan terhadap kebijakan Rasio Intermediasi Makroprudensial (RIMP) yang dapat memperkuat ekspansi perbankan, memberikan sentimen positif pada rupiah.

"Alhasil, rupiah mampu kembali menguat mesti juga diimbangi dengan terapresiasinya USD seiring imbas melemahnya laju JPY," pungkasnya.

Sebelumnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) hingga sesi sore perdagangan, Selasa (13/3) masih terus mendaki untuk tetap berada dalam zona hijau. Data Yahoo Finance menunjukkan rupiah hingga sesi akhir perdagangan melonjak ke posisi Rp13.750/USD sedangkan menurut data Bloomberg, rupiah bertengger ke level Rp13.752/USD.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak