Bola Api Menakjubkan Muncul di Langit Inggris

Selasa, 02 Januari 2024 - 10:03 WIB
loading...
Bola Api Menakjubkan Muncul di Langit Inggris
Meteor berbentuk bola api melayang di atas langit Inggris. (Foto: Fox Weather)
A A A
JAKARTA - Sebuah meteor berbentuk bola api melayang di atas langit Inggris pada Sabtu malam waktu setempat. Di waktu bersamaan, ratusan laporan tentang bintang jatuh berwarna-warni datang dari sebagian wilayah Inggris dan Prancis.

Dilansir dari Fox Weather, Selasa (2/1/2023), sebuah video yang direkam pada pukul 2:07 pagi di Birmingham, Inggris, menunjukkan kilatan cahaya biru saat sebuah meteor terang melintas di langit.

Menurut Organisasi Meteor Internasional (IMO), lebih dari 100 laporan tentang bola api masuk pada hari Sabtu dari daerah-daerah di Inggris, Skotlandia, Wales, dan Prancis. Lebih dari selusin video yang dibagikan ke IMO menangkap kilatan di langit. Para saksi mata menggambarkan meteor tersebut sangat indah dan terang. Saksi mata lainnya menyebut meteor yang terpantau memiliki warna hijau.



Perubahan warna bisa disebabkan oleh logam-logam berbeda yang ditemukan dalam meteor logam yang terbakar ketika berinteraksi dengan atmosfer Bumi. "Saya sudah melihat langit malam selama bertahun-tahun berharap bisa melihat sesuatu seperti ini, betapa luar biasa," kata seorang saksi mata di dekat London.

Menurut NASA, bola api adalah meteor yang mencapai magnitudo visual 3 atau lebih terang. Ukuran bola api bisa lebih dari satu meter.



Bola api serta meteor yang muncul di langit Eropa diperkirakan bagian dari hujan meteor Quadrantid , dengan puncak aktivitas pada 4 Januari 2024. Menurut American Meteor Society, Quadrantid berpotensi menjadi hujan meteor terkuat tahun ini. NASA menyebut 120 meteor dapat diamati per jam selama fase puncak hujan meteor.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)