Sucofindo Sertifikasi Sistem Manajemen Energi untuk Semen Padang

Selasa, 02 Januari 2024 - 11:31 WIB
loading...
Sucofindo Sertifikasi Sistem Manajemen Energi untuk Semen Padang
Penyerahan sertifikat SME oleh PT Sucofindo kepada Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Sucofindo menyerahkan sertifikat SNI ISO 50001:2018 tentang Sistem Manajemen Energi (SME) untuk PT Semen Padang. Penerapan SME secara konsisten di PT Semen Padang diyakini akan berdampak pada penghematan energi yang berkelanjutan, penurunan emisi, dan efisiensi.

"Pencapaian ini merupakan wujud komitmen dalam implementasi Sistem Manajemen Energi. Sertifikat ini bukan hanya sebuah pengakuan terhadap upaya kerja keras PT Semen Padang di bidang pengelolaan Energi, namun juga wujud implementasi tehadap keberlanjutan, efisiensi dan inovasi," kata Direktur Utama PT Sucofindo Jobi Triananda melalui siaran pers, Selasa (2/12/2024).



Jobi menambahkan, pengelolaan energi yang baik, mendukung transisi energi menuju industri keberlanjutan yang berwawasan lingkungan dan ketahanan iklim, atau industri rendah karbon. Implementasi efisiensi energi, kata dia, juga menunjukkan komitmen dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

"Penerapan SME juga berkontribusi dalam perolehan nilai yang memuaskan yaitu PROPER Emas, khususnya pada kriteria efisiensi energi, yang dianugerahkan oleh Kementerian LHK," tuturnya.

Jobi mengatakan, PT Sucofindo memiliki layanan untuk realisasi Public Disclosure Program for Environmental Compliance (PROPER), yaitu berbicara mengenai penilaian kinerja pengelolaan lingkungan suatu perusahaan, seperti GAP analysis, pendampingan dokumen hijau dan Dokumen Ringkasan Kinerja Pengelolaan Lingkungan (DRKPL), pemetaan sosial, stakeholder engagement, indeks kepuasan masyarakat dan social license index, audit energi, audit air, verifikasi data dan SDGs, Social Return on Investment (SROI), perhitungan gas rumah kaca, verifikasi laporan gas rumah kaca, pendampingan inovasi sosial, maupun benchmarking.



Guna mendukung industri mengimplementasikan keberlanjutan lingkungan, PT Sucofindo memiliki layanan sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi skema Nilai Ekonomi Karbon dan Gas Rumah Kaca, ESG Consultation yang membantu pelaku usaha menyiapkan roadmap ESG serta proses implementasi, dan pelaporan ESG. Sucofindo juga melayani audit energi, konsultansi sustainable mining, sertifikasi green office, sertifikasi green building, konsultansi di bidang EBT, Green Project Management, Sertifikasi Industri Hijau, Environmental Laboratory, monitoring dan konsultansi lingkungan dan Sertifikasi GGL (Green Gold Label).

Melalui PT Sucofindo cabang Padang, kata dia, pihaknya juga mampu mendukung PT Semen Padang dalam layanan kalibrasi peralatan industri dan lab, monitoring performa lube oil, ⁠monitoring kualitas limbah, pemastian fungsi dan desain peralatan sesuai requirement, serta ⁠QA / QC engineering. "Ke depannya kami terus berkomitmen mendukung potensi PT Semen Padang, serta wilayah Sumatera Barat secara luas melalui layanan TIC (Testing, Inspection, and Certification)," pungkasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4940 seconds (0.1#10.140)