alexametrics

Donald Trump Tunjuk Larry Kudlow Menjadi Penasihat Ekonomi Utama

loading...
Donald Trump Tunjuk Larry Kudlow Menjadi Penasihat Ekonomi Utama
Ekonom Larry Kudlow resmi menjadi penasihat ekonomi utama Presiden AS Donald Trump. Foto/Japan Times
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjuk ekonom Larry Kudlow, 70, sebagai penasihat ekonomi utama menggantikan Gary Cohn, yang mengundurkan diri pekan lalu. Cohn mundur seiring tarif impor yang dikenakan Trump. Cohn dikenal sebagai ekonom pendukung pasar bebas.

Melansir dari CNBC, Kamis (15/3/2018), Kudlow yang bernama lengkap Lawrence Alan Kudlow merupakan jebolan ekonomi politik dari Universitas Princeton. Ia juga kerap mengisi kolom ekonomi di media CNBC. Sebelum menerima jabatan baru, Kudlow merupakan Direktur Dewan Ekonomi Nasional.

Ketika ditanya mengenai penunjukkannya oleh Trump, ia mengatakan sudah mengenal Trump selama lebih dari 20 tahun. "Saya mengenalnya selama lebih dari 20 tahun. Saya sangat nyaman dengannya dan saya tidak sabar untuk memulai tugas baru," ujarnya kepada CNBC.

Meski kadang sejalan dengan Cohn mengenai perdagangan bebas, namun Kudlow dikenal memiliki retorika yang keras terhadap China. "Saya pikir Amerika Serikat harus memimpin koalisi mitra dagang melawan China, atau kita membiarkan China melanggar peraturan," katanya suatu ketika.

Selain membahas perdagangan, Kudlow juga dikenal sebagai "King Dollar", alias mendukung adanya mata uang yang kuat. Ia menegaskan bahwa kebijakan ekonomi yang baik mencakup dolar yang sehat dan stabil.

"Sebuah negara besar membutuhkan mata uang yang kuat," kata Kudlow kepada CNBC. Ia pun merasa bosnya (Trump) juga mendukung dolar yang kuat dan stabil. Namun, dia menambahkan dolar tidak harus naik tinggi hingga 30%, melainkan menjaga agar dolar tetap stabil untuk menciptakan kepercayaan diri AS.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak