Pemesanan Tiket KA Masih Tersedia

Jum'at, 16 Maret 2018 - 00:05 WIB
Pemesanan Tiket KA Masih Tersedia
Pemesanan Tiket KA Masih Tersedia
A A A
JAKARTA - Kepala Hubungan Masyarakat Daops I PT KAI, Edy Kuswoyo mengatakan, pemesanan penjualan tiket sampai dengan H-90 KA reguler belum semua terjual habis. Namun begitu, semakin mendekati Lebaran diprediksi kuota yang ada bisa saja habis terjual.

"Tapi masih ada yang tersisa sampai dengan H-90 atau per 15 Maret 2018. Angkutan Lebaran ini hampir sama dengan tahun lalu, di mana liburnya juga masih berdekatan. Jadi memang kelihatan sudah banyak yang memesan," ungkap dia kepada Koran SINDO di Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Dia menambahkan, pihaknya belum bisa memprediksi secara penuh tingkat keterisian tempat duduk melalui pemesanan tiket, sebab masih ada kereta tambahan yang akan disiapkan.

"Dan untuk kereta tambahan ini, juga belum dirilis. Nanti akan kami umumkan penjualannya," pungkas dia.

PT KAI merilis hingga 15 Maret 2018, pemesanan tiket untuk keberangkatan tanggal 5, 6 dan 7 Juni 2018 dengan keberangkatan melalui Stasiun Pasar Senen dan Gambir masih tersedia.

Sedangkan pemberangkatan untuk tanggal 13 Juni 2018 atau H-2 Lebaran dan pemberangkatan 12 Juni 2018 atau H-3 dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen untuk semua tujuan sudah terjual habis.

Ketersediaan tiket juga masih tersedia untuk keberangkatan tanggal 8 Juni 2018 untuk stasiun tertentu, seperti dari Stasiun Gambir ke Yogyakarta, Solo, Surabaya serta Gubeng. Namun untuk keberangkatan tanggal 9-13 Juni 2018 sudah terjual habis.

Pihak PT KAI juga menginformasikan pemesanan tiket melalui online bisa berubah sewaktu-waktu sehingga diharapkan calon penumpang untuk selalu memantau ketersediaan tiket melalui web resmi KAI (KAI.id) serta chanel eksternal lainnya.

Sebagai informasi, tahun ini PT KAI menyiapkan sebanyak 53 KA reguler dengan jumlah ketersediaan tempat duduk sebanyak 30.572 tempat duduk. Adapun KA tambahan juga disiapkan PT KAI sebanyak 16 KA tambahan dengan jumlah ketersediaan kursi 9.344 tempat duduk. Sehingga total ketersediaan tempat duduk berjumlah 39.916 tempat duduk.

Berbeda dengan maskapai, tingkat keterisian tempat duduk melalui pemesanan tiket lebih awal masih tersedia. Vice Presiden Corporate Communication PT Citilink Indonesia, Benny Butar Butar mengatakan, pemesanan tiket terjual (booked) akan mendekati 95% pada tiga hari menjelang hari Lebaran.

"Polanya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana mendekati hari Lebaran bisa dipastikan berada pada presentase 95% pemesanan atau terbooking. Kalau untuk saat ini masih banyak tersedia," ungkapnya.

Benny menambahkan rute-rute untuk Joglosemar atau Yogyakarta, Solo, Semarang diprediksi berada pada presentase 100% pemesanan. "Sama halnya dengan Surabaya-Medan, dan sisanya untuk destinasi liburan seperti Bali bisa mendekati 100%. Biasanya H-7 sudah tinggi tingkat bookingnya," ucapnya.

Dia menambahkan, calon penumpang sebaiknya memilih untuk memesan tiket lebih awal sehingga prepare bagi calon penumpang juga bisa lebih siap. "Ya kita imbau supaya memesan tiket lebih awal melalui fasilitas online maupun konter yang tersedia. Ini biar tidak ada masalah nantinya ketika saat akan keberangkatan," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4531 seconds (0.1#10.140)