10 Istilah yang Sering Digunakan di X Beserta Arti dan Contoh Penggunaannya

Rabu, 03 Januari 2024 - 13:30 WIB
loading...
10 Istilah yang Sering Digunakan di X Beserta Arti dan Contoh Penggunaannya
Beberapa istilah di X patut diketahui agar tidak salah saat berkomunikasi di platform medsos tersebut. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - X atau dulu bernama Twitter kerap jadi tumbuhnya berbagai istilah atau bahasa gaul baru yang viral, dan akhirnya banyak digunakan sebagai bahasa baru atau kekinian.

Bahasa-bahasa baru ini sering kali muncul dengan cepat, membuat penggunanya kerap ketinggalan dan tidak mengetahui maknanya. Karena itulah, jadi penting untuk mengetahui artinya agar tidak salah dalam berkomunikasi di media sosial.

Berikut ini sebelas istilah yang sering digunakan di X, beserta arti dan contoh penggunaannya.


1. Ava

Memiliki kepanjangan “avatar” yaitu foto profil dari akun yang digunakan. Biasanya istilah ava akan digunakan untuk memastikan agar orang lain tahu akun yang dimaksud.

Contoh penggunaannya: “Gais, akunku yang ava-nya Jaemin sama kucingnya ya”.

2. Mutualan

Berarti saling berteman atau saling mem-follow satu sama lain, sehingga jika seseorang meminta mutual berarti ia mengharapkan untuk di-follow kembali.

Contohnya: “Kita mutualan di X aja gimana?” atau “Nama akun X kamu apa biar kita mutualan".

3. Nder

Memiliki kepanjangan dari “sender” atau pengirim, istilah ini biasa digunakan sebagai kata ganti orang kedua atau ketiga.

Contoh penggunaannya: “Lihat nder dia kelihatan seneng banget habis dapet giveaway” atau “Sender-nya kayaknya lagi stres deh jadi tweet-nya ga jelas".

10 Istilah yang Sering Digunakan di X Beserta Arti dan Contoh Penggunaannya

Foto: iStock

4. JB atau MJB

JB kepanjangan dari “join bareng”, sedangkan MJB kepanjangan dari “maaf join bareng” keduanya sama-sama memiliki makna ikut nimbrung dalam pembahasan atau percakapan orang lain.

Contoh penggunaannya: “Mjb kak, sekarang udah 4 orang nih yang kena tipu sama dia” atau “mjb ini beli di mana?".

5. Base

Istilah ini biasanya merujuk pada berbagai akun yang membahas sejumlah topik khusus. Akun ini sering kali menggunakan bot untuk melakukancuitan otomatis, yang mengakibatkan pengiriman banyak pesan dalam satu waktu. Contohnya base pencinta kucing, base orang-orang Jakarta

6. Menfess

Masih berkaitan dengan base, menfess kepanjangan dari “mention confess” yaitu pesan yang ditulis melalui base. Pesanini akan muncul sebagaipostingandari sosok yang anonim.

7. Salty

Merupakan salah satu bahasa slang internet, secara harfiah memiliki arti “asin”, tapi di X istilah ini digunakan untuk menunjukan kekesalan, sindiran atau nyinyiran terhadap suatu akun atau tweet.

10 Istilah yang Sering Digunakan di X Beserta Arti dan Contoh Penggunaannya

Foto: Twitter

8. Thread

Merupakan serangkaian tweet berantai yang dibuat suatu akun untuk membahas topik tertentu, misalnya kronologi kejadian, resep masakan ataupanduan melakukan sesuatu.



9. Bot

Teknologi yang digunakan untuk menjalankan atau mengelola akun secara otomatis, dan tidak dikelola secara manual oleh manusia. Sebagian bot bisa digunakan sesuai perintah. Contohnya bot untuk menangkap (screenshot) sebuat postingan.

10. Spill the Tea/Spill

Istilah untuk mengungkap atau membongkar rahasia yang belum diketahui orang banyak.

Contoh penggunaannya: "Gue mau spill akun calo tiket konser yang udah nipu banyak orang” atau “spill the tea dong nder

MG/Rihhadatul Aisy
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2734 seconds (0.1#10.140)