Program UMKM Binaan Pertamina Dorong Produksi Penderes Gula Semut

Rabu, 03 Januari 2024 - 21:09 WIB
loading...
Program UMKM Binaan Pertamina Dorong Produksi Penderes Gula Semut
Pertamina memberikan bantuan alat produksi bagi petani penderes gula semut. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - Program pembinaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Pertamina , Pertapreneur Aggregator 2023 menghibahkan alat produksi senilai Rp100 juta kepada CV Bunga Palm untuk dimanfaatkan ratusan petani atau penderes gula semut guna meningkatkan kualitas produk.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menjelaskan Pertapreneur Aggregator adalah program pembinaan Pertamina bagi UMKM untuk menjadi UMKM binaan yang dapat membina UMKM lainnya dengan membangun jejaring kolaborasi.

"Program Pertapreneur Aggregator Pertamina yang memasuki tahun kedua ini merupakan bentuk pembinaan untuk mendorong UMKM menjalin kolaborasi dalam berbagi ilmu," kata Fadjar, Rabu (3/1/2023).



Menurut dia program tersebut juga menjadi kesempatan bagi UMKM untuk berkembang serta memperluas jaringan dan pasar, yang pada akhirnya mewujudkan pemberdayaan ekonomi berkelanjutan.

Dia menjelaskan, untuk mengikuti program Pertapreneur Aggregator, UMKM binaan Pertamina harus bisa mandiri dan mampu memberdayakan komunitas sekitarnya. Hal itu tercermin dari syarat mengikuti Pertapreneur Agregator, yakni UMKM binaan Pertamina memiliki omzet minimal Rp50 juta per bulan dan telah memberdayakan minimal 3 UMKM.

Pada program Pertapreneur Agregator 2023, Pertamina menerima 243 usulan proposal dari UMKM binaan. Program yang berjalan sejak Juli hingga November 2023 ini, memilih 10 proposal terbaik untuk dipaparkan guna mencari program bisnis terbaik.



Pertamina menetapkan CV Bunga Palm sebagai Juara 1 Pertapreneur Aggregator karena programnya dinilai dapat mendorong kemajuan ekonomi para penderes gula dan meningkatkan kenaikan harga produksi gula seiring dengan peningkatan kualitasnya.

Fadjar mendorong peran CV Bunga Palm, yang bergerak sebagai produsen gula kelapa organik, untuk membina penderes gula agar dapat menciptakan multiplier effect (efek pengganda) pada industri gula semut.

"Ini sebagai salah satu contoh dari manfaat Pertapreneur Agregator, yakni melahirkan UMKM Agregator lainnya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan sekaligus memberikan nilai tambah bagi masyarakat," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)