Perkuat Digitalisasi, Pegadaian Siapkan Anggaran Rp500 Miliar

Jum'at, 23 Maret 2018 - 21:07 WIB
Perkuat Digitalisasi, Pegadaian Siapkan Anggaran Rp500 Miliar
Perkuat Digitalisasi, Pegadaian Siapkan Anggaran Rp500 Miliar
A A A
JAKARTA - PT Pegadaian (Persero) akan memperkuat layanan dan memperluas jangkauan produk dengan masuk ke digitalisasi pada tahun 2018. Hal ini guna menopang pertumbuhan perseroan di masa depan.

Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi PT Pegadaian (Persero) Teguh Wahyono mengatakan, digitalisasi merupakan suatu keharusan untuk mempertahankan pasar. Selain itu, digitalisasi juga akan membantu meningkatkan jangkauan layanan dari perseroan sehingga mampu menambah jumlah nasabah secara signifikan. (Baca juga: PT Pegadaian Targetkan Laba Rp2,7 Triliun pada 2018 )

"Kita ingin meningkatkan nasabah hingga 11,5 juta dan laba Rp2,7 triliun tahun ini. Dengan digitalisasi ini akan ada efisiensi yang akan kami dapatkan dalam memperluas layanan dan memperluas jangkauan," katanya saat bertemu dengan manajemen SINDO Group di kantor pusat Pegadaian Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Teguh melanjutkan, Pegadaian telah menyiapkan dana senilai Rp500 miliar untuk bidang teknologi informasi demi mendukung kinerja perseroan. "Transformasi di teknologi informasi ini supaya betul-betul mendukung bisnis kami supaya lebih kompetitif," ungkapnya.

Menurut Teguh, digitalisasi juga akan mendukung kualitas layanan. Hal ini sesuai dengan tuntutan konsumen yang lebih mengedepankan kecepatan. "Jumlah nasabah kami didominasi oleh nasabah yang berusia produktif atau 68% di bawah 45 tahun," tuturnya. (Baca juga: Pegadaian Bukukan Laba Bersih Rp2,5 Triliun )

Teguh menuturkan, perusahaan ingin memperluas jangkauan pada nasabah pemula yang belum mengenal Pegadaian. "Kami ingin mendapat nasabah pemula yang memang belum mengenal Pegadaian, misalnya mahasiswa," imbuhnya.

Selain meningkatkan kualitas layanan digitalisasi business process, perusahaan juga akan meningkatkan kenyamanan layanan di outlet, revitalisasi gudang dan logistik, serta pelayanan lainnya kepada nasabah di 2018.

Dalam memperluas jangkauan dan jenis layanan meliputi peningkatan jumlah agen, memberikan layanan online melalui mobile app, dan menambah produk baru. Adapun produk baru yang akan diluncurkan Pegadaian antara lain gadai tanpa bunga, rahn tanah, dan layanan berbasis Fintech.

Direktur Manajemen Aset PT Pegadaian Ferry Febrianto mengatakan, perusahaan ingin meningkatkan nasabah tabungan emas dengan menyasar generasi milenial. "Kami ingin mengambil nasabah yang masih muda. Generasi milenial ini sangat cocok untuk tabungan emas," ungkapnya.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4712 seconds (0.1#10.140)