Cuaca Ekstrem di Finlandia Membekukan Air Mendidih yang Dibuang di Ruang Terbuka

Sabtu, 06 Januari 2024 - 15:57 WIB
loading...
Cuaca Ekstrem di Finlandia Membekukan Air Mendidih yang Dibuang di Ruang Terbuka
Seseorang melemparkan air mendidih ke udara, yang berubah menjadi uap, menyusul cuaca dingin, di Pyhatunturi, Finlandia 1 Januari 2024, dalam tangkapan layar yang diperoleh dari video media sosial. REUTERS/Lauri Untamo
A A A
HELSINKI - Rekor suhu terendah di Finlandia pada minggu ini menginspirasi seorang turis yang melakukan perjalanan ke Arktik untuk mencoba trik yang telah lama membuatnya penasaran. Dia melemparkan air mendidih ke udara ketika cuaca di luar sangat dingin dan berubah menjadi awan debu es seketika.

Ini bukanlah sesuatu yang patut dicoba kecuali suhu berada pada tingkat dingin yang jarang atau tidak pernah terjadi di sebagian besar tempat di bumi.

Lauri Untamo, seorang manajer penjualan berusia 49 tahun dari Finlandia selatan, sedang berlibur di Laplandia Finlandia bersama teman-temannya ketika suhu turun hingga minus 30 derajat Celcius (-22°F) pada Hari Tahun Baru.

“Saya telah melihat video trik ini di media sosial atau YouTube yang mungkin dilakukan, namun saya belum pernah mengalami cuaca beku yang cocok untuk mencobanya pada suhu minus 30 derajat atau lebih,” kata Untamo kepada Reuters.



Dia mengatakan bahwa dia merebus air di kabinnya, segera membawanya keluar dan melemparkannya ke atas kepalanya - selamat dari upaya tersebut tanpa luka bakar karena air segera berubah menjadi awan es yang hanyut.

Negara-negara Nordik telah mengalami cuaca yang sangat dingin selama beberapa hari terakhir, dengan suhu terendah dalam 25 tahun sebesar minus 44,3 C (-47,74°F) yang tercatat pada hari Jumat di Enontekio, lebih jauh ke utara di Kutub Utara dari Pyhatunturi tempat Untamo tinggal.

Meski cuaca dingin, Untamo dan teman-temannya tetap menikmati aktivitas luar ruangan seperti ski Nordik dan berjalan-jalan di hutan yang tertutup salju.

“Kami bahkan melihat Cahaya Utara pada beberapa malam sehingga Lapland benar-benar memberikan yang terbaik kepada kami minggu ini,” ujarnya.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)