China Uji Coba Pesawat Listrik Pertama Produksi Dalam Negeri

Sabtu, 06 Januari 2024 - 21:05 WIB
loading...
China Uji Coba Pesawat Listrik Pertama Produksi Dalam Negeri
China menguji coba pesawat listrik. Foto/ China Media Group
A A A
BEIJING - Pesawat listrik pertama yang diproduksi di dalam negeri China berhasil menyelesaikan penerbangan perdananya pada pekan ini.

Pesawat AG60E, yang dikembangkan oleh China Aviation Industry General Aircraft Corporation, lepas landas dari Bandara Jiande Qiandaohu di Provinsi Zhejiang, China timur. "Pesawat itu mendarat di bandara yang sama setelah melakukan uji terbang singkat," demikian laporan China Daily.

AG60E adalah versi AG60 yang dimodifikasi secara elektrik, sebuah pesawat ringan bermesin tunggal, dua kursi, bermesin tunggal, dan seluruhnya terbuat dari logam. AG60 dirancang untuk keperluan sipil seperti pelatihan penerbangan, survei pertanian, dan tamasya udara.

AG60E memiliki panjang total 6,9 meter, lebar sayap 8,6 meter, dan kecepatan jelajah maksimum 185 km per jam. Pengembangan versi listrik dari pesawat sayap tetap berkontribusi pada industri baru yang strategis.



Alih-alih menggunakan bahan bakar jet, pesawat listrik biasanya dilengkapi dengan baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang dan motor listrik yang dikenal dengan keluaran nol karbon. Sumber tenaga alternatif mencakup tenaga surya atau pendekatan mesin hibrida, sebagian listrik, dan sebagian pembakaran.

Pesawat listrik juga telah dikembangkan di negara lain. Sebuah prototipe pesawat komuter serba listrik pertama di dunia, yang dibuat oleh Eviation Israel, menyelesaikan perjalanan pertamanya pada September 2022 di Washington.

Rolls Royce meluncurkan apa yang disebutnya sebagai pesawat listrik tercepat di dunia pada tahun 2021. Startup teknologi tinggi global AutoFlight, yang dimulai di Tiongkok dan memiliki fasilitas manufaktur dan pengujian di Shanghai, telah mengerjakan pesawat lepas landas dan pendaratan vertikal bertenaga listrik. Airbus Eropa juga telah menjalankan proyek penerbangan listrik sejak 2010.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)