5 Rekomendasi Bahan Skincare untuk Kulit Berminyak, Cegah Jerawat

Sabtu, 06 Januari 2024 - 23:58 WIB
loading...
5 Rekomendasi Bahan Skincare untuk Kulit Berminyak, Cegah Jerawat
Bahan skincare untuk kulit berminyak perlu diperhatikan. Sebab, kulit berminyak sering kali menjadi salah satu faktor pemicu jerawat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Bahan skincare untuk kulit berminyak perlu diperhatikan. Sebab, kulit berminyak sering kali menjadi salah satu faktor pemicu jerawat. Hal itu terjadi karena kulit memproduksi sebum berlebihan sehingga terjadi penumpukan di bawah kulit.

Sebum sebenarnya dapat membantu kulit untuk tetap lembab. Namun jika diproduksi berlebihan dan tidak melakukan perawatan kulit berminyak, itu dapat mengganggu penampilan hingga memicu masalah kulit lain. Karena itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan dan merawat kulit, salah satunya dengan menggunakan skincare yang sesuai dengan kebutuhan.

Bahan skincare untuk kulit berminyak dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih, sehingga meminimalisir kemungkinan timbulnya masalah-masalah kulit seperti komedo, jerawat, iritasi, dan radang.


Rekomendasi Bahan Skincare untuk Kulit Berminyak

1. Glycerin

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan pori-pori besar, bisa memilih skincare yang mengandung glycerin karena mampu mengurangi ukuran pori-pori. Senyawa ini bertindak sebagai humektan yang dapat membantu meminimalkan kehilangan air akibat penguapan sehingga membantu kulit tetap terhidrasi.

2. Salicylic Acid

Bersifat lipofilik yang artinya menyukai minyak, senyawa ini dapat masuk ke pori-pori folikel sebaceous yang terisi dengan minyak dan menyedot minyak keluar. Salicylic acid biasanya ditemukan pada produk pencuci muka, sehingga dianjurkan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak untuk mencuci muka sebanyak dua kali sehari.

3. Glycolic Acid

Glycolic acid atau asam glikolat dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan mencegah penyumbatan pada pori-pori yang menjadi salah satu penyebab jerawat. Bahan aktif ini bisa menjaga lapisan kulit tetap segar dan seimbang. Anda dapat menemukan bahan ini pada pelembab, serum, atau toner sebagai perawatan kulit berminyak.


4. Retinol

Sebagai turunan dari vitamin A, retinol bertindak sebagai antipenuaan dini yang menyebabkan kerutan dan hiperpigmentasi. Bahan ini membantu pori-pori agar tetap kencang sehingga dapat mengeluarkan minyak. Jadi Anda cocok memilih skincare berbahan dasar retinol untuk kulit berminyak.

5. Niacinamide

Sebagai turunan dari vitamin B3, sudah bukan rahasia lagi kalau niacinamide memiliki segudang manfaat untuk kulit, terutama bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Niacinamide dapat membantu mengontrol produksi minyak sehingga wajah terhindar dari minyak berlebih. Selain itu juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan pada kulit wajah seperti jerawat, eksim, rosacea, hingga kulit iritasi.

Itu dia 5 rekomendasi bahan skincare yang cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Namun selain menggunakan skincare dari bahan-bahan di atas, Anda juga perlu untuk selalu memastikan kebersihan dan kondisi kulit. MG/Rihhadatul Aisy
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)