alexametrics

Taspen Gandeng BRI Perkuat Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun

loading...
Taspen Gandeng BRI Perkuat Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun
PT Taspen (Persero) menjalin kerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) untuk mendukung digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT Taspen (Persero) menjalin kerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) untuk mendukung digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun. Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan, dari total 48 mitra bayar perseroan, Bank BRI merupakan jumlah peserta Taspen yang terbanyak.

Tercatat dari 2,5 juta pensiunan, sebanyak 35,6% atau 897.000 merupakan nasabah Bank BRI dengan total dana kelolaan mencapai Rp2,14 triliun. "Kami sangat gembira melihat keseriusan Bank BRI dalam mendukung digitalisasi yang sedang dilakukan Taspen, apalagi nasabah Bank BRI merupakan yang terbesar dari jumlah perserta Taspen," kata Iqbal di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Menurut dia, perjanjian kerja sama tersebut di antaranya pembayaran tabungan hari tua, pensiunan, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian melalui rekening bank. Perjanjian kerja sama ini juga meliputi pengiriman daftar pembayaran pensiun, penyaluran dana, pemindah bukuan manfaat, pembayaran manfaat, pertanggung jawaban atas pemindah bukuan dan pembayaran serta pelayanan kepada penerima pensiun.



Iqbal juga berharap dengan adanya perjanjian kerja sama ini, sinergi antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan terus dapat berlanjut. Sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Disisi lain, kerja sama ini akan meningkatkan pelayanan kepada para nasabah Bank BRI dan juga para peserta pensiunan Taspen. "Kerja sama ini juga bisa terus dikembangkan, misalnya melalui sejumlah anak usaha Taspen seperti Taspen Life, lalu kami juga memiliki Tapen Properti," paparnya.

Dengan adanya kerja sama ini, perseroan bisa mewujudkan pelayanan yang lebih prima kepada para peserta Taspen yaitu melalui prinsip 5T diantaranya Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, Tepat Tempat dan Tepat Administrasi.

Sementara itu, Direktur Utama Bank BRI Suprajarto menambahkan, kerja sama ini merupakan dukungan perseroan dalam implementasi transformasi layanan digital berbasis teknologi informasi (IT) yang dilakukan oleh Taspen dalam memberikan pelayanan pembayaran pensiun. "Kerja sama ini untuk mendukung program digitalisasi layanan dan pembayaran yang dilakukan Taspen, saat ini kami memang mengembangkan semua yang terkait digital banking," ujar Suprajarto.

Melalui implementasi digitalisasi layanan pembayaran pensiun ini, kata dia, dapat memberikan data pensiun yang lebih valid. Selain itu juga memberi kemudahan kepada seluruh peserta pensiun Taspen dalam melakukan proses otentikasi. Sehingga peserta pensiun tidak perlu lagi datang ke bank dalam melakukan proses otentifikasi.

Digitalisasi layanan pembayaran pensiun merupakan layanan terintegrasi yang telah dilengkapi Taspen Smart Card dan berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun berbasis data biometric. Taspen Smart Card berfungsi juga sebagai kartu ATM dan Debit yang memiliki manfaat tambahan sebagai Kartu Multi Fungsi. Dimana peserta pensiun diberikan kemudahan seperti program diskon di beberapa merchant.

"Hingga Maret 2018, kami telah menyalurkan pembayaran pensiun kepada peserta pensiun sejumlah 904.391 peserta setiap bulannya, ini merupakan kebanggan bagi BRI untuk memberikan kemudahan kepada peserta pensiunan Taspen," tutupnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak