Petinju Raja KO Vergil Ortiz Jr. Perpanjang Rekor Menang KO 20-0

Minggu, 07 Januari 2024 - 12:21 WIB
loading...
Petinju Raja KO Vergil Ortiz Jr. Perpanjang Rekor Menang KO 20-0
Petinju Raja KO Vergil Ortiz Jr. Perpanjang Rekor Menang KO 20-0/DAZN
A A A
Petinju raja KO Vergil Ortiz Jr. memperpanjang rekor menang KO 100 persen 20-0 saat mengakhiri masa istirahatnya selama 17 bulan. Vergil Ortiz Jr comeback ke ring tinju dengan kemenangan KO satu ronde pada Sabtu malam atau Minggu (7/1/2024) siang WIB.

Vergil Ortiz Jr yang memiliki pukulan keras dan berusia 25 tahun ini melukai petinju yang tidak diunggulkan, Fredrick Lawson, dengan sebuah jab dan menghentikannya pada menit 2:33 ronde pertama dalam pertandingan utama mereka di Virgin Hotels, Las Vegas. Vergil Ortiz Jr., yang bertarung di atas batas berat badan kelas welter 66,6 kilogram untuk pertama kalinya, mempertahankan rekor KO sempurnanya (20-0, 20 KO) dengan memenangkan pertandingan 12 ronde dengan berat badan 70,7 kilogram.



Namun, kemenangan ini tidak terlalu memuaskan bagi Ortiz, karena wasit Tony Weeks menuai kritikan karena menghentikan laga terlalu cepat. "Saya berharap saya dapat terus maju," kata Ortiz kepada Beto Duran dari DAZN di atas ring. "Saya membutuhkan beberapa ronde lagi. Namun, saya menyakitinya dengan jab itu. Saya mengejutkannya dengan jab itu, dan saya bahkan tidak mendaratkannya dengan keras. Saya minta maaf, namun saya siap menghadapi siapa pun di luar sana."

Lawson yang lahir di Ghana dan tinggal di Portland, Oregon, AS, kalah melalui KO atau technical knockout untuk keempat kalinya dalam kariernya (30-4, 22 KO). Dengan hanya kurang dari 40 detik tersisa pada ronde pembuka, Ortiz menjatuhkan Lawson dengan mendaratkan sebuah jab keras. Ortiz yang agresif bergerak maju untuk menghentikan Lawson, yang mundur ke arah tali ring dan mendaratkan beberapa serangan ke arah tubuh.

Saat itulah, Weeks masuk di antara mereka dan mengakhiri laga, karena, seperti yang dikatakannya pada Duran, mata Lawson berputar di kepalanya. Lawson masih berdiri saat Weeks menghentikan laga mereka. Lawson yang berusia 34 tahun memprotes penghentian aneh kedua yang dilakukan oleh Weeks selama 7½ bulan terakhir.

Weeks sebelumnya mengundang kemarahan para penggemar tinju dan media karena wasit veteran asal Nevada ini secara aneh, secara prematur mengakhiri pertandingan Rolly Romero-Ismael Barroso di ronde kesembilan pada 13 Mei lalu di The Cosmopolitan, Las Vegas. Barroso, yang unggul di ketiga kartu penilaian, juga tetap berdiri dan tidak terluka parah saat Weeks menghentikan pertarungan itu.



Secara kebetulan, Barroso dari Venezuela (25-4-2, 23 KO) menjatuhkan petinju Inggris, Ohara Davies (25-3, 18 KO) dua kali dan menang KO pada ronde pertama pada laga lainnya. Barroso yang berusia 40 tahun ini memenangkan gelar kelas ringan super interim WBA dan mengamankan pertarungan ulang dengan Romero (15-1, 13 KO), yang juga hadir.

Celestino Ruiz menjadi wasit untuk Barroso vs Davies, bukan Weeks. Sebelum akhirnya ia bertarung lagi pada Sabtu malam, meski hanya sebentar, karier Ortiz sempat terganggu oleh masalah fisik yang membuatnya mundur dari tiga pertarungan sejak Maret 2022.

Warga Grand Prairie, Texas, ini mundur dari dua pertarungan sebelumnya, keduanya saat menghadapi juara dunia kelas welter WBA, Eimantas Stanionis. Ortiz menarik diri pertama kali pada bulan Maret lalu karena rhabdomyolysis, sebuah kondisi otot yang merusak, dan yang kedua kalinya enam bulan lalu karena dehidrasi parah dan kelelahan akibat cuaca panas yang membuat Ortiz harus dilarikan ke rumah sakit, dua hari sebelum ia dijadwalkan untuk menghadapi petinju asal Lithuania, Stanionis (14-0, 9 KO, 1 NC), pada tanggal 8 Juli di AT&T Center, San Antonio.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2367 seconds (0.1#10.140)