Tol Pamulang-Cinere-Bogor Beroperasi, ke Bandara Soetta Makin Banyak Alternatif

Senin, 08 Januari 2024 - 17:08 WIB
loading...
Tol Pamulang-Cinere-Bogor Beroperasi, ke Bandara Soetta Makin Banyak Alternatif
Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor telah resmi beroperasi. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (8/1/2024). Rangkaian ruas tol yang diresmikan ini dioperasikan oleh dua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Kedua BUJT terdiri dari PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yang mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere. Lalu, PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) yang mengoperasikan Jalan Tol Cinere-Jagorawi.



Jokowi mengatakan, jalan tol tersebut akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek, diantaranya Jalan Tol Lingkar Dalam, Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, dan merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2.

Dia memastikan, pengoperasian jalan tol ini akan memberikan banyak alternatif bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di Cibubur, Bogor, Tangerang untuk menjangkau sejumlah tempat seperti Bandara Soekarno-Hatta tanpa harus melalui dalam kota.

"Ini akan memperlancar mobilitas orang, barang dan logistik yang diharapkan juga mengurangi kemacetan, sehingga masyarakat memiliki alternatif, pilihan yang lebih lancar,” ujar Presiden dalam peresmian itu.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur menilai dengan diresmikannya Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere akan menjadi alternatif untuk mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya.

"Dengan tersambungnya jalan tol ini dapat memecah lalu lintas yang dari dan menuju Bogor maupun Bandara/Cengkareng dengan waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan menggunakan Jalan Tol JORR 1," beber dia.



Nantinya, pengguna jalan dari wilayah Bogor, Ciawi dan sekitarnya (Jalan Tol Jagorawi) serta dari wilayah Jakarta Selatan dan Depok (Jalan Tol Desari) juga dapat dengan mudah dan cepat mengakses wilayah Serpong, Kunciran hingga Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Tol JORR 2.

Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 km yang dibagi menjadi dua seksi yaitu, Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 Km, yang telah beroperasi sejak 2021.

Kemudian, Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 Km. Jalan Tol Serpong-Cinere terkoneksi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 Wilayah Barat.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2356 seconds (0.1#10.140)