Wonderful Indonesia Raih Penghargaan di Vietnam

Rabu, 04 April 2018 - 07:22 WIB
Wonderful Indonesia Raih Penghargaan di Vietnam
Wonderful Indonesia Raih Penghargaan di Vietnam
A A A
JAKARTA - Wonderful Indonesia makin memantapkan diri sebagai brand yang hebat. Di Vietnam International Travel Mart (VITM), 29 Maret-1 April 2018, booth Wonderful Indonesia memperoleh penghargaan sebagai "The Most Impressive Booth".

Wonderful Indonesia berhasil mengalahkan 10 booth terbaik lainnya. Benefit pun didapat, yaitu, branding Wonderful Indonesia semakin dikenal di Vietnam. Hal ini semakin meningkatkan awareness pengunjung terhadap pariwisata Indonesia.

Keberhasilan ini menambah daftar kesuksesan Wonderful Indonesia di VITM. Sebab, tahun 2017, Wonderful Indonesia memperoleh penghargaan The National Booth with Impressive Decoration.

Tahun ini, design booth Wonderful Indonesia dinilai paling unik, paling wow, dan paling elegan. Replika kapal phinisi yang diusung sebagai frame utama dinilai paling eye cathing.

Runcing di depan dan tumpul di belakang dengan dihiasi beberapa tiang yang tinggi menjulang. Di dalamnya juga ada tangga untuk membentangkan layar dan tali temali yang rapi. Tampilannya gampang diingat.

"Phinisi itu sudah mendunia. Pelaut-pelaut Bugis sudah menjelajah dunia dengan Phinisi. Dari Asia, Afrika, Australia, Amerika, Eropa pernah dijelajahi pelaut kita dengan phinisi. Dan, kapal model ini khas Indonesia, bisa mewakili identitas Indonesia. Karena itu kami konsisten menggunakan desain ini di semua travel market besar dunia," jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya, Selasa (3/4).

Identitas sebagai bangsa maritim dan negara kepulauan terbesar di dunia juga terwakilkan dengan tampilan Kapal Phinisi. Sangat pas dengan visi Presiden Jokowi yang menempatkan maritim sebagai satu dari lima prioritas pembangunan.

Bila ditarik ke pariwisata, kapal phinisi juga sangat nyambung. Tengok saja sepuluh destinasi prioritas yang bakal disulap menjadi 10 Bali Baru. Tujuh di antaranya adalah wisata bahari. Daya pikatnya adalah maritim.
.
"Penghargaan yang sudah beberapa kali kita terima menunjukkan bahwa bangsa kita memang punya kapasitas, punya kemampuan dan berani bersaing. Kemenangan itu direncanakan, bukan datang sendiri," ujar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya juga menyampaikan hampir semua Travel Market atau pameran pariwisata level dunia, seperti ITB Berlin, WTM London, CITM China, ATM Dubai, ITB Asia Singapore, ATF Travex, NATAS and ADEX Singapore, JATA Jepang dan lainnya, desain model Phinisi inilah yang selalu juara.

Mengalahkan Jepang, Korea Selatan, Singapura, Hong Kong, China, Taiwan, Thailand, India, Malaysia dan negara lainnya.

"Jadi Phinisi adala simbol dari wisata bahari atau maritim yang menjadi sektor prioritas Presiden Joko Widodo, selain infrastruktur, energi, pangan dan Pariwisata," ujar menteri asal Banyuwangi itu.

Yang lebih terpenting lagi award ini mendongkrak level 3 C. "C pertama, confidence atau rasa percaya diri internal makin tinggi. Yang kedua, makin credible atau semakin dipercaya orang eksternal. Satunya lagi calibration untuk memotret seberapa hebat Wonderful Indonesia itu di lingkup standar global," kata Arief Yahya.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Masruroh yang didampingi Kepala Bidang Pemasaran Area IV wilayah Indochina Kementerian Pariwisata Heri Hermawan juga ikutan gembira. Maklum, buah kerja keras seluruh stakeholder yang terdiri dari pelaku industri pariwisata, Dinas Pariwisata Yogyakarta dan didukung KBRI Vietnam, mampu menorehkan prestasi membanggakan.

"Meskipun luas booth Indonesia tidak terlalu besar, namun Paviliun Indonesia mampu menyedot perhatian pengunjung. Phinisi Nusantara sendiri mencerminkan Indonesia sebagai negara maritim yang memiliki tujuan wisata sangat menarik untuk dikunjungi," ujar Masruroh.

Yang semakin membuat dia bangga, penghargaan tersebut didapatkan di Vietnam. Di Juni 2017 silam, data UNWTO menyebutkan Vietnam sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mampu mengalahkan pertumbuhan kunjungan wisman Wonderful Indonesia.

Terakhir 2017, Vietnam ada di posisi satu dengan pertumbuhan 29%. Sementara Wonderful Indonesia ada di nomor 2 dengan pertumbuhan 22%. Pertumbuhan 22 persen itu juga membuat Indonesia berhasil mengalahkan Thailand yang hanya tumbuh 8,7 persen. Atau Singapura yang tumbuh 5,8 persen. Bahkan Malaysia mengalami penurunan sebesar 4 persen.

"Jadi sangat strategis. Wonderful Indonesia mendapat pengakuan sebagai brand yang kuat bahkan dari pesaing utama. Ini sekaligus semakin membuka mata dunia akan keunggulan pariwisata Indonesia," tambahnya.

Menengok ke belakang, pada VITM 2017 transaksi yang berhasil dicapai sebesar Rp 5,2 miliar. Untuk 2018, capaian tersebut ditargetkan tumbuh 20%. Atau senilai Rp6,1 miliar. Luar biasanya, tahun 2018 realisasi penjualan sebanyak 2.669 pax. Atau senilai Rp13,4 miliar. Dengan kata lain, tumbuh 257%. Jumlah itu terdiri dari real transaction Rp724 juta dan potential transaction Rp12,7 miliar.

Peningkatan transaksi yang signifikan dikarenakan adanya hasil kesepakatan kontrak paket wisata golf selama 1 tahun senilai USD346.700 atau senilai Rp4,78 miliar.

Dalam VITM 2018, Kemenpar berinvestasi sebesar Rp1,47 miliar. Dan berhasil meraih total transaksi senilai Rp13,4 miliar. Dengan kata lain, profit yang dihasilnya mencapai 9x lipat dibandingkan investasi awal. Hal ini menjadi bukti bahwa langkah pemasaran semakin tepat. Selain itu, pasar Vietnam semakin seksi untuk digarap.

Dan di VITM 2018, Wonderful Indonesia memang tampil unik dan menampilkan sajian yang sudah world class. Selain kegiatan bisnis, di dalam booth juga menyediakan pelayanan informasi pariwisata, coffee and refreshment corner, virtual reality video 360, batik corner, games and gift redemption.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6657 seconds (0.1#10.140)