OJK Dorong Sinergi Bank Wakaf Mikro dan BUMdes

Jum'at, 06 April 2018 - 13:51 WIB
OJK Dorong Sinergi Bank Wakaf Mikro dan BUMdes
OJK Dorong Sinergi Bank Wakaf Mikro dan BUMdes
A A A
PURWOKERTO - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana untuk mensinergikan Bank Wakaf Mikro (BWM) dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sinergi ini berupa pemanfaatan dana desa bagi warga melalui BWM.

Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK Ahmad Soekro mengatakan, bahwa nasabah BWM bisa memasarkan produknya di beberapa toko yang dimiliki oleh BUMDes. Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Besok kita lihat ya, sama-sama bagaimana mensinergikan antara BWM dengan BUMDes. Bagaimana letak sinerginya bisa saja hasil usaha dari nasabah BWM dipasarkan melalui toko-tokonya milik BUMDes nah itu idenya," ujar Ahmad di Purwokerto, Jumat (6/4/2018).

Dengan adanya sinergi ini diharapkan bahwa Bank Wakaf Mikro bisa memberikan dampak yang positif bagi perekonomian daerah. Hal tersebut sejalan dengan target OJK dalam meningkatkan BWM di beberapa desa.

"Itulah yang akan kita coba bagaimana sinerginya mengoptimalkan dana desa itu dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui nasabah BWM yang ada di desa itu. Berarti di desa itu harus ada BWM," terang dia.

Seperti diketahui, OJK terus meningkatkan pengembangan BWM di lingkungan pesantren. Diharapkan dapat mendukung pengembangan ekonomi syariah yang berkesinambungan dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Lembaga keuangan ini pun diharapkan mampu mengurangi ketimpangan dan kemiskinan

Berdasarkan data yang dipublikasikan OJK, hingga 31 Maret 2018 lalu, Bank Wakaf Mikro telah memiliki 20 cabang, dengan 3.876 nasabah dengan total nilai pembiayaan yang disalurkan sebanyak Rp3,63 miliar.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3574 seconds (0.1#10.140)