7 Fakta Pernikahan Pangeran Mateen, Tanpa Dihadiri Mempelai Wanita

Kamis, 11 Januari 2024 - 19:03 WIB
loading...
7 Fakta Pernikahan Pangeran Mateen, Tanpa Dihadiri Mempelai Wanita
Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah resmi menikah. Ada banyak fakta menarik dari pernikahan itu. Foto/ YouTube.
A A A
JAKARTA - Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam resmi menikah dengan Anisha Isa-Kalebic atau Anisha Rosnah binti Adam di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Kamis (11/1/2024).

Ada banyak fakta dari pernikahan Pangeran Mateen ini, seperi memberi mahar sederhana berupa uang sebesar 1.000 Dollar Brunei atau yang biasa disebut Ringgit Brunei. Mahar itu setara dengan Rp11,7 juta.



"Engkaulah terima nikahnya Dayang Anisha Rosna binti Adam dengan maharnya seribu ringgit, tunai," ucap Pangeran Mateen dengan lantang.

Lantas, fakta apa saja dari Royal Wedding Pangeran Brunei ini? Berikut ulasannya.

Fakta Pernikahan Pangeran Mateen

1. Gunakan mobil mewah ke Masjid Sultan Omar Ali Saifuddein

Pangeran Abdul Mateen datang dengan mobil Rolls-Royce Phantom keluaran terbaru ke lokasi akad nikah. Mobil itu diiringi oleh tujuh mobil Land Rover Defender dan Mercedes-Benz.

Sang ayah, Sultan Hassanal Bolkiah yang datang terlebih dahulu ke lokasi akad nikah diantar mobil Rolls-Royce Phantom VI State Limousine. Saat tiba di lokasi acara, mobil tersebut dikawal oleh sembilan mobil yang tak kalah istimewa yakni Land Rover Defender dan Mercedes-Benz.

2. Gagah dengan pakaian tradisional

Pangeran Mateen tampak gagah dengan pakaian tradisional pernikahan kerajaan berwarna putih saat turun dari mobil menuju Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien. Senyum tipisnya begitu mempesona. Dia juga tampak bersalaman dengan tamu undangan.

3. Duduk di atas tikar

Saat proses ijab kabul, Pangeran Mateen duduk di atas tikar khusus yang disebut 'Kasur Namat' yang diapit dengan empat lilin upacara yang disebut 'Dian Empat yang ditempatkan di setiap sudutnya.

4. Kehadiran ayah Anisha Rosnah

Ayah Anisha Rosna turut hadir dalam prosesi akad nikah itu. Namun, dia tak menjabat tangan Pangeran Mateen layaknya pernikahan di Indonesia.

5. Satu tarikan napas ijab kabul

Pangeran Mateen mengucapkan ijab kabul dengan lantang dan dalam satu tarikan napas. Sesaat setelah ijab kabul terucap, terdengar suara dentuman yang turut menandai sahnya Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah menjadi sepasang suami istri. Pasalnya, pihak Istana Brunei Darussalam menembakkan 17 tembakan meriam yang berada di area luar tepat setelah Pangeran Mateen mengucap ijab kabul.


6. Sungkem pada Sultan Hassanal Bolkiah

Pangeran Mateen langsung meninggalkan lokasi acara tak lama setelah menghampiri ayahnya, Sultan Hassanal Bolkiah untuk sungkeman dan meminta doa.

7. Anisha Rosnah tak hadir

Sepanjang acara, tak terlihat kehadiran sang mempelai wanita. Nantinya, Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah baru disandingkan ketika acara Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja atau resepsi pernikahan pada 14 Januari 2024.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2794 seconds (0.1#10.140)