3 Kelompok Gangster Paling Berbahaya di Ekuador, Salah Satunya Membajak Stasiun TV

Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:36 WIB
loading...
3 Kelompok Gangster Paling Berbahaya di Ekuador, Salah Satunya Membajak Stasiun TV
Ada tiga kelompok gangster paling berbahaya di Ekuador, salah satunya membajak stasiun televisi. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah kelompok gangster yang paling berbahaya di Ekuador . Mereka kerap memicu kekacauan di negara Amerika Latin tersebut.

Baru-baru ini, Ekuador tengah mengalami kondisi yang mencekam. Usai kaburnya pimpinan kartel Los Choneros dari penjara, muncul rentetan aksi teror dan serangan bersenjata yang menyebabkan kekacauan dan ketakutan.

Mengutip laporan Al Jazeera, para gangster telah melancarkan rentetan serangan termasuk di beberapa penjara. Dalam aksinya, mereka tak segan-segan membunuh orang-orang, tidak terkecuali aparat keamanan.



3 Kelompok Gangster Paling Berbahaya di Ekuador

1. Los Lobos

Los Lobos merupakan salah satu kelompok kriminal paling kuat di Ekuador. Memiliki ribuan anggota, kelompok penjahat ini beroperasi di seluruh penjara Ekuador dan sepanjang jalur penyelundupan narkoba.

Mengutip laman InsightCrime, Los Lobos sudah banyak terlibat dalam aksi-aksi berdarah. Sejak 2021, mereka terlibat pada kasus pembantaian di penjara dan menewaskan hampir 500 orang.

Los Lobos dulunya hanya bagian kecil dari kelompok kriminal paling berbahaya di Ekuador; Los Choneros. Namun, mereka memanfaatkan kesempatan ketika kekuatan Choneros melemah dengan membentuk kelompok baru.

Menggandeng sejumlah sekutu, Los Lobos sukses berkembang menjadi kelompok gangster yang cukup ditakuti di Ekuador. Salah satu orang penting dari kelompok ini adalah Wilmer Chavarria alias Pipo.

Namun, ada kabar yang menyebutkan Pipo sudah tewas dalam sebuah kerusuhan penjara pada 2021 lalu. Sejak saat itu, pimpinan Los Lobos berada di tangan Alexander Quesada alias Ariel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)