Bank Dunia: Pemilu Tak Akan Kacaukan Ekonomi RI

Kamis, 12 April 2018 - 13:29 WIB
Bank Dunia: Pemilu Tak Akan Kacaukan Ekonomi RI
Bank Dunia: Pemilu Tak Akan Kacaukan Ekonomi RI
A A A
JAKARTA - Bank Dunia (World Bank) meyakini pemilihan umum (pemilu) yang akan berlangsung pada 2019 tidak akan membuat kekacauan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini bertolak belakang dengan prediksi Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) sebelumnya yang mengungkapkan ekonomi Indonesia tahun depan akan sulit untuk bangkit, karena ada pemilu.

(Baca Juga: Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI 2018 Tumbuh Kuat 5,3%
Dia mengakui, jelang pemilu investor akan mengambil sikap menunggu (wait and see) untuk melakukan investasi di Tanah Air. Namun, setelah itu investasi diyakini akan kembali bangkit dan ketidakpastian akan berkurang.

"Kami perkirakan pemilu tidak akan mengacaukan kegiatan ekonomi. Setelah pemilu, investasi akan tumbuh karena ketidaktentuan politik akan berkurang," katanya Ekonom Senior Bank Dunia Derek Chendi Kantor Bank Dunia, Jakarta, Kamis (12/4/2018).

(Baca Juga: Pemilu Berpotensi Bikin Ekonomi RI Sulit Bangkit Tahun Depan
Saat ini, sambung Derek, investor memang masih menunggu apa yang akan terjadi di Indonesia di tahun politik ini. Namun, dia yakin investor tidak akan berasumsi berlebihan dan mereka akan kembali konfiden dengan ekonomi Indonesia.

"Sekarang, investor mungkin sedang menunggu apa yang akan terjadi di 2018 2019 dan berasumsi nggak terlalu mengejutkan kemudian investasi akan mengalir lg karena udah berkurang ketidakjelasan politiknya. Dan ini tidak hanya Indonesia saja, tapi juga negara lain mengalami siklus ini," tandasnya.

Sebelumnya, Bank Pembangunan Dunia (Asian Development Bank/ADB) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan sebesar 5,3%. Prediksi ini sama dengan prediksi ADB terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini yaitu sebesar 5,3%.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5208 seconds (0.1#10.140)