Musisi Band Indonesia yang Disomasi, dari Kotak hingga Stinky

Jum'at, 12 Januari 2024 - 19:29 WIB
loading...
Musisi Band Indonesia yang Disomasi, dari Kotak hingga Stinky
Musisi band Indonesia yang disomasi belakangan ini menjadi perbincangan hangat. Terbaru ada Stinky. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Musisi band Indonesia yang disomasi belakangan ini menjadi perbincangan hangat. Terbaru ada Stinky, di mana didalamnya termasuk Andre Taulany .

Masalah somasi ini ternyata cukup banyak terjadi. Tidak saja pada band, juga para musisi yang terlibat didalamnya. Lalu, siapa saja? Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan musisi band Indonesia yang disomasi.


Musisi Band Indonesia yang Disomasi

1. Band Kotak

Band Kotak dilarang membawakan lagu ciptaan Posan Tobing dan Julia Angelina. Dilansir dari akun Instagram @posantobing, dia mengunggah isi surat untuk melakukan somasi terbuka yang dilakukan pada Jumat, 7 Juli 2023.

Bersama dengan Julia Angelina mantan vokalis Kotak, mereka melayangkan somasi kepada Mario Marcella Handika Putra, Tantri Syalindri Ichlasari dan Swasti Sabdastantri atas dugaan pelanggaran hukum membawakan lagu ciptaannya.

2. Band Stinky

Band Stinky dan Andre Taulany disomasi atas larangan membawakan lagu Mungkinkah oleh pencipta lagu tersebut, Ndhank Surahman Hartono.

Ndhank merupakan mantan gitaris band Stinky. Selain lagu Mungkinkah, ada beberapa lagu lain yang dilarang dibawakan Andre Taulany dan Stinky. Bahkan, kuasa hukumnya sempat menuntut Rp35 miliar. Namun, Ndhank meminta maaf atas kasus tersebut.

3. Tri Suaka

Tri Suaka dikenal dengan aksinya melakukan cover lagu terhadap tembang-tembang milik band lain. Namun, dia sempat disomasi vokalis Band Dadali dengan tuduhan pelanggaran hak cipta.

Dyrga, sang vokalis menutut Rp2 miliar atas perbuatan Tri Suaka yang menyanyikan lagu milik Dadali tanpa seizinnya.

4. Band Radja

Vokalis grup band Radja, Ian Kasela menerima somasi yang dilayangkan Rival Achmad Labbaika, di mana Rival mengklaim dirinya sebagai pencipta lagu Cinderella.

Sementara lagu Cinderella sendiri merupakan lagu hits yang dipopulerkan band Radja.

Dalam somasinya, Rival Achmad atau Ipay menuntut ganti rugi Rp20 miliar karena Band Radja tidak mencantumkan namanya sebagai pecinta lagu tersebut.

5. Sammy Simorangkir

Musisi Doadibadai Hollo atau dikenal dengan nama Badai mensomasi Sammy Simorangkir terkait menyanyikan lagu ciptaannya tanpa izin.

Pelarang itu muncul setelah event organizer yang akan menggelar acara Soundfest pada 5-6 November 2022 dan akan menampilkan Kerispatih featuring Sammy Simorangkir. Badai beralasan melakukan ini karena ingin melindungi sisa lagu ciptaannya untuk proyek-proyek ke depan.


6. Once Mekel

Once Mekel disomasi Ahmad Dhani untuk tidak membawakan lagu-lagu Dewa 19 saat menggelar konser solonya.

"Saya mengumumkan bahwa saya melarang spesifik, saya melarang Once Mekel untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 sejak saya ucapkan di media hari ini," kata Dhani dalam konferensi pers konser "51 Tahun Kerajaan Cinta Ahmad Dhani" di Pluit, Jakarta Utara, Selasa, 28 Februari 2023.

Alasan pendiri sekaligus pimpinan band Dewa 19 somasi Once bukanlah karena masalah pribadi, melainkan Band Dewa 19 yang akan melakukan tur setelah Lebaran sebanyak dua kali dalam sepekan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)