Rupiah Diprediksi Masih Belum Ketemu Sentimen Positif

Jum'at, 13 April 2018 - 08:16 WIB
Rupiah Diprediksi Masih Belum Ketemu Sentimen Positif
Rupiah Diprediksi Masih Belum Ketemu Sentimen Positif
A A A
JAKARTA - Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, kendati laju dolar Amerika Serikat (USD) melemah, namun belum tentu membuat laju rupiah terapresiasi. Karena diimbangi dengan kenaikan mata uang utama lain seperti JPY.

Pergerakan rupiah dapat kembali cenderung melemah seiring tidak mampunya rupiah memanfaatkan sentimen positif dalam negeri. "Jadi tetap cermati dan waspada terhadap sentimen yang membuat laju rupiah kembali mengalami pelemahan," ujar Reza di Jakarta, Kamis (12/4/2018).

Reza mengestimasikan rupiah hari ini akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.774 per USD dan resisten Rp13.762 per USD.

Sementara, laju USD kembali melemah setelah merespon komentar Trump dalam Twitternya yang dinilai dapat memicu peningkatan tensi geopolitik di Timur Tengah hingga global.

Pernyataan The Fed yang sedikit bernada hawkish juga tidak banyak mengangkat laju USD. Akan tetapi, kondisi USD tersebut tidak banyak berimbas pada pergerakan rupiah yang kembali mengalami pelemahan.

"Bahkan adanya sejumlah sentimen positif antara lain penilaian Bank Dunia terhadap pertumbuhan ekonomi Asia Timur dan Pasifik, terlebih Indonesia yang akan menguat dengan dukungan sektor investasi dan konsumsi swasta hingga pernyataan Menkeu Sri Mulyani terkait pengawasan terhadap keuangan BUMN tidak juga membuat laju rupiah menguat," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4131 seconds (0.1#10.140)