alexametrics

Soal IA-CEPA, Enggar Terus Lakukan Negosiasi dengan Australia

loading...
Soal IA-CEPA, Enggar Terus Lakukan Negosiasi dengan Australia
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Foto/Istimewa
A+ A-
BATAM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Australia masih melakukan negoisasi untuk menyelesaikan perundingan Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). Perundingan ini terus dilakukan untuk mendapatkan kesepakatan bersama.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pihaknya akan secara rutin bertemu dengan Australia dalam pembahasan IA-CEPA. Hal ini dilakukan agar kesepakatan yang dilakukan sesuai dengan target yang ditentukan.

"Bulan April ini, kedua tim negosiasi akan melakukan pertemuan untuk menyelesaikan berbagai hal yang masih pending," ujarnya di Batam, Sabtu (14/4/2018).



Dan kemudian satu pertemuan lagi sebelum Agustus. Di bulan Agustus, Enggar mengharapkan ada final text dalam kesepakatan IA-CEPA. Sehingga kelak pada Oktober atau November bisa disepakati oleh kedua kepala pemerintahan untuk menandatangani kesepakatan IA-CEPA.

Saat ini, jelas Enggar, perundingan IA-CEPA sudah mencapai 90%. "Yang 10% soal beberapa prinsip," terangnya. Jika tidak bisa diselesaikan pada April ini, kata Enggar, pihaknya akan mengundang Menteri Perdagangan dan Investasi Australia Steven Ciobo ke Jakarta untuk membahasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak