Dengan Roadmap Industri 4.0, Indonesia Bisa Mengejar

Senin, 16 April 2018 - 21:30 WIB
Dengan Roadmap Industri 4.0, Indonesia Bisa Mengejar
Dengan Roadmap Industri 4.0, Indonesia Bisa Mengejar
A A A
TAHUN ini adalah saat yang tepat untuk meluncurkan peta jalan (road map) industri 4.0 di Tanah Air. Ya, mumpung beberapa negara yang sudah menerapkannya belum lama sehingga kita tidak terlalu ketinggalan. Jerman saja yang menjadi pionir dalam era industri cerdas ini baru memulainya tiga tahun yang lalu. Amerika pun baru memulainya, sementara negara-negara ASEAN sedang mempersiapkan. "Dengan road map, Indonesia bisa mengejar," kata Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian, saat peluncuran, awal April lalu.

Kepada sejumlah wartawan, termasuk dari MNC Media, Airlangga menjelaskan soal peta jalan dan dampak dari industri 4.0. Berikut petikannya.

Isi peta jalan?
Road map yang diserahkan kepada Pak Presiden mengenai industri dan kita punya 10 langkah. Antara lain infrastruktur kita tangani, industri kecil dan menengah inklusif sifatnya. Jadi, dengan e-commerce platform ada di sana. Kalau dulu kan yang bisa bersaing hanya yang besar dalam konteks globalisasi. Kalau pabriknya besar, baru bisa bersaing. Tapi, dengan digital, mereka yang kecil juga bisa bersaing karena mereka ke pasarnya menggunakan platform digital. Ini yang kami dorong.

Cara agar tenaga kerja itu tetap terjaga?
Kalau tenaga kerja, itu membuat kesempatan baru. Jadi, di belakang robot itu banyak yang mengoperasikan untuk maintenance dan lain-lain. Yang penting ada retraining dan reskilling. Jumlah tenaga kerja terbuka, tetapi kesempatannya untuk yang memiliki keterampilan berbeda. Di situ tugas pemerintah untuk melakukan retraining dan reskilling. Kami sudah punya program yang kami sebut skill for competence. Jadi, kompetensi dinaikkan dengan keterampilan.

Untuk jaringan internetnya bagaimana?
Kami sudah membicarakan dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Salah satunya nanti di kawasan industri akan diluncurkan 5G. Pada Asian Games, kami buat prototipenya.

Di kawasan ekonomi khusus?
Di kawasan tertentu, kami sedang melakukan mapping.

Lalu apa dampak Industri 4.0 bagi masyarakat? Simak wawancara selengkapnya di Majalah SINDO Weekly Edisi 07/VII/2018 yang terbit Senin (16/4/2018) hari ini.

Dengan Roadmap Industri 4.0, Indonesia Bisa Mengejar
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5866 seconds (0.1#10.140)