Enggartiasto-Dubes Donovan Sepakat Tingkatkan Perdagangan

Rabu, 18 April 2018 - 20:14 WIB
Enggartiasto-Dubes Donovan Sepakat Tingkatkan Perdagangan
Enggartiasto-Dubes Donovan Sepakat Tingkatkan Perdagangan
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam pertemuan dengan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph Robert Donovan Jr, sepakat untuk meningkatkan perdagangan kedua negara.

Enggar menjelaskan ada tiga kunci yang dibahas Indonesia dengan Negeri Paman Sam, dalam meningkatkan ekonomi di Tanah Air. "Yaitu perdagangan bebas, asas resiprokal (saling menguntungkan), dan competitiveness trade. Ini kunci agar hubungan kerja sama ekonomi bisa meningkat," ujar Enggar di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Menurut Enggar, sejauh ini perdagangan antara Indonesia dan Amerika Serikat sangat positif, salah satunya terlihat dari pembelian pesawat Boeing oleh maskapai Lion Air Group.

"Selama ini perdagangan kedua negara sangat positif, yang terbaru adalah pembelian Boeing oleh Lion Air. Dan Amerika tentu akan melihat sumber-sumber lain dari perdagangan Indonesia, begitu juga dengan kita," sambungnya.

Apalagi kata Enggar, Indonesia merupakan mitra dagang yang baik bagi Amerika Serikat. Indonesia tidak termasuk dalam 16 negara yang menyebabkan perdagangan Amerika defisit.

"Dengan pertemuan ini akan meningkatkan perdagangan dan investasi dengan Amerika. Duta Besar Donovan akan ke negaranya pada pekan depan, jadi ia meminta masukan dari Kemendag agar perdagangan kita dengan Amerika terus meningkat," katanya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6391 seconds (0.1#10.140)