Perbaikan Iklim Investasi Tidak Menjamin Produksi Migas Meningkat

Kamis, 19 April 2018 - 14:06 WIB
Perbaikan Iklim Investasi Tidak Menjamin Produksi Migas Meningkat
Perbaikan Iklim Investasi Tidak Menjamin Produksi Migas Meningkat
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengungkapkan, saat ini blok-blok migas yang dilelang pemerintah sudah mulai laku dan dilirik investor. Hal ini diklaim seiring dengan diubahnya rezim fiskal cost recovery menjadi gross split.

Dia menyebutkan, tahun ini, pemerintah membuka penawaran terhadap lima blok migas direct over dan 26 blok migas nonkonvensional dilakukan penawaran secara langsung. Dari lima blok migas yang ditawarkan, empat diantaranya dilirik investor dan mereka telah mengajukan dokumen penawaran.

"Untuk direct over, lima yang kita tawarkan, empat company sudah menawarkan dokumen penawaran. Yang penawaran langsung (26 blok) akan ditutup pada Juni," katanya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Kendati mulai dilirik investor, mantan Menteri ESDM ini mengaku tak bisa memastikan bahwa blok-blok tersebut akan langsung meningkatkan produksi migas nasional. Sebab, kegiatan eksplorasi merupakan kegiatan jangka panjang yang membutuhkan waktu minimal enam hingga sepuluh tahun.

"Dengan lakunya beberapa blok, sekarang apakah berarti produksi bisa naik? Kalau kita perbaiki lewat exploration blok, saya tadi katakan eksplorasi butuh waktu enam sampai 10 tahun," imbuh dia.

Menurutnya, hal ini barulah langkah awal untuk memperbaiki produksi migas nasional. Setelah kegiatan eksplorasi dilakukan, masih butuh waktu lima hingga 10 tahun lagi untuk tahap declaration of discovery.

"Kalau dia declare pada tahun keenam atau kesepuluh, maka butuh waktu lima sampai 10 tahun lagi dari declaration of discovery. Jadi production itu paling cepat 15-20 tahun lagi impactnya," tuturnya.

Arcandra menambahkan, bisnis migas bukanlah bisnis yang singkat. Jadi, perbaikan yang terjadi saat ini terhadap iklim investasi di migas tidak menjamin produksi migas nasional akan naik dengan segera.

"Perbaikan mulai dari eksplorasi itu tidak menjamin production akan naik lima tahun lagi. Dalam oil and gas itu tidak ada yang membalik telapak tangan," tandas dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3660 seconds (0.1#10.140)