alexametrics

Ini Desa yang Tingkat Ekonominya Telah Naik

loading...
Ini Desa yang Tingkat Ekonominya Telah Naik
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo telah mengalokasikan dana desa ke beberapa desa yang tertinggal. Alokasi dana ini membuat desa yang tertinggal menjadi maju.

Dia menyebutkan melalui alokasi dana desa, telah banyak desa yang pendapatan ekonominya meningkat. Diantaranya desa-desa di Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Tahun ini mungkin habis program-program prokades, ekonominya naik karena mereka pada jual jagung dengan hasil pendapatan bisa Rp1,5 triliun, seperti Halmahera Utara dan Sumba Timur," kata Eko Putro di Gedung BPS, Jakarta, Kamis (19/4/2018).



Selain itu, Eko Putro optimis akan ada 5.000 desa yang akan maju pada tahun-tahun mendatang. Ia mengatakan realisasi 5.000 desa menjadi maju merupakan komitmennya.

"Pokoknya target kita 5.000 desa tidak lagi tertinggal. Seperti di Pandeglang saja ada 320 desa, dan sisa 150 desa yang masih tertinggal. Jadi semakin sedikit," katanya.

Dan kata Eko, untuk anggaran dana desa tahun 2019 akan ditingkatkan sebesar Rp25 triliun dari Rp60 triliun menjadi Rp85 triliun. Dana Desa selain untuk pembangunan juga bertujuan agar perputaran uang di desa berkembang dengan baik. Dengan begitu, kemiskinan di desa akan berkurang dan desa tertinggal akan terangkat menjadi desa berkembang.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak