INH Kirim Ribuan Paket Bantuan Kemanusiaan ke Kamp Pengungsi di Jalur Gaza

Rabu, 17 Januari 2024 - 12:26 WIB
loading...
INH Kirim Ribuan Paket Bantuan Kemanusiaan ke Kamp Pengungsi di Jalur Gaza
Anggota INH memberikan paket bantuan kemanusiaan kepada pengungsi di Jalur Gaza. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Di tengah kondisi yang sangat sulit akibat pengawasan ketat masuknya bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza oleh Israel. Lembaga Kemanusiaan Internasional Networking for Humanitarian (INH) berhasil mendistribusikan paket bantuan kemanusiaan hingga ke titik-titik krusial seperti kamp pengungsian di wilayah Jalur Gaza Selatan, Palestina .

"Alhamdulillah dengan kerja keras dan tak pernah lelah, tim kami di lapangan bisa melakukan distribusi program bantuan kemanusiaan hingga ke kamp pengusiaan yang ada di wilayah Khan Younis, Gaza Selatan," kata Presiden Direktuk INH Lukmanul Hakim, Rabu (17/1/2024).

Menurutnya, para relawan INH yang merupakan warga lokal Gaza ini mendistribusikan paket bantuan kemanusiaan berupa buah-buahan dan sayuran langsung dibagikan kepada para korban perang yang jumlahnya mencapai ratusan ribu jiwa. "Bantuan kemanusiaan ini merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan INH, dan kami salurkan secara bertahap mengingat situasi dan kondisi di jalur Gaza yang belum kondusif," jelasnya.



Bantuan logistik yang disalurkan saat ini berupa sayuran dan buah-buhan yang merupakan produk lokal yang tersisa saat ini dan dibeli secara langsung dari petani-petani lokal yang ada di Jalur Gaza.

Lukman mengakui, lambatnya distribusi bantuan kemanusiaan ke jalur Gaza secara langsung itu lantaran sulitnya akses pengiriman baik barang-barang logistik maupun dana. Pasalnya, pihak Israel hingga hari ini masih membatasi jumlah barang dan truk pengangkut logistik yang akan masuk kedalam wilayah Gaza terutama melalui gerbang Raffa.



"INH berkomitmen untuk terus berupaya melakukan eksekusi program-program kemanusiaan di Palestina terutama di Jalur Gaza, semoga saja kondisi Gaza semakin membaik dan semua program penyaluran bantuan kemanusiaan di Gaza bisa berjalan secara maksimal," tegasnya.

Saat ini, ratusan ribu warga sipil di Gaza hidup dalam keterbatasan. Mereka sangat membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari pihak luar. Indonesia dikenal sebagai negara paling dermawan dan selalu membantu rakyat Palestina khususnya Gaza yang hidup dalam bayang-bayang peperangan.

Koordinator Relawan INH Gaza Suhaib Abu Daqqa mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang saat ini masih peduli dan membantu warga Palestina di Gaza. Saat ini lebih dari 1,2 juta warga Gaza kehilangan tempat tinggal. Mereka menjadi pengungsi akibat agresi Israel yang tak kunjung henti hampir semua wilayah di Gaza tak lagi aman. "Mereka juga membutuhkan tempat tidur dan tempat tinggal. selimut, dan mereka membutuhkan tenda, karena mereka tidak memiliki tempat berlindung." jelasnya.

Pihaknya akan terus bergerak untuk menyasar kamp-kamp pengungsi yang ada di wilayah selatan Gaza dan membagikan bantuan logistik lainya baik makanan, pakaian maupun obat-obatan.

Serangan Israel ke jalur Gaza sudah berlangsung lebih dari tiga bulan, tercatat 24.000 nyawa warga sipil Gaza melayang dan 7.000 lebih masih dinyatakan hilang. lebih dari setengah korban yang meninggal dunia adalah perempuan dan anak-anak. Serangan Israel di Jalur Gaza juga merusak infrastruktur bangunan, fasilitas umum, dan rumah warga.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)