alexametrics

Kenali Tipe Investor dari Pilihan Jenis Investasi

loading...
Kenali Tipe Investor dari Pilihan Jenis Investasi
Kenali tipe investor dari pilihan jenis investasi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Dalam berinvestasi, pastikan dan tentukan tujuannya. Karena akan menentukan produk investasi seperti apa yang harus dimiliki. Tujuan juga harus mencakup jangka waktu, berapa tahun akan berinvestasi.

Mengetahui jangka waktu berapa lama berinvestasi bisa terhindar dari kegagalan. Kenapa demikian? Karakteristik setiap jenis reksa dana berbeda-beda.

Direktur Utama Reliance Sekuritas Indonesia (RELI) Anita mengatakan, semakin pendek jangka waktu investasi maka sebaiknya semakin konservatif atau aman produk yang dipilih, seperti reksa dana pendapatan tetap.



"Setiap investasi selalu ada risiko. Semakin tinggi investasi, semakin tinggi pula risikonya," ujarnya di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Anita menjelaskan, sebaiknya pelajari juga karakter diri sendiri apakah masuk tipe investor moderat, konservatif atau spekulatif. Kemudian, pilihan investasi yang diambil, apakah untuk jangka panjang atau pendek.

"Terakhir, jangan simpan telur dalam satu kerajang. Artinya dalam berinvestasi, investor harus menyebarkan investasi ke dalam beberapa produk dan portofolio, agar dapat meminimalkan risiko," katanya.

Menurut Anita, investasi saham punya risiko tinggi dibanding jenis lain. Ada beberapa tips, seperti lupa kendalikan rasa takut dan keserakahan.

"Kalau sudah bisa mengendalikan kedua aspek emosional dan psikologis tadi dan terus belajar memahami investasi saham, bisa sukses nabung saham. Juga dalam menabung di pasar modal, jangan pernah mencoba untuk asal-asalan. Artinya, pelajari betul setiap jenis investasi yang dipilih," pungkasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak