Wali Kota Tidore Usulkan Wilayahnya Masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

Jum'at, 19 Januari 2024 - 09:17 WIB
loading...
Wali Kota Tidore Usulkan Wilayahnya Masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional
Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim di Kantor Kemenparekraf RI di Jakarta. Foto/Pemkot Tidore
A A A
TIDORE - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan gigih memperjuangkan untuk masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Hal itu sebagai upaya Usulan Blue Print Kota Tidore Kepulauan di Kantor Kemenparekraf pada 18 Januari 2023.

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim mengatakan, terkait pengembangan pariwisata Kota Tidore Kepulauan dengan meminta dukungan kepada pemerintah pusat agar Kota Tidore Kepulauan bisa masuk dalam program nasional KSPN.

”Ini menjadi harapan kami Kota Tidore Kepulauan ke depan, pengembangan pariwisata tetap berjalan, selain itu dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat, termasuk meningkatkan PAD,” kata Ali dalam keterangannya, Jumat (19/1/2023).



Wali kota Tidore Kepulauan dua periode ini juga memaparkan sejarah singkat Tidore di mata Indonesia, Tidore pada masa lampau memiliki andil besar, berkontribusi menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan mengajak Papua bergabung di NKRI.

Selain itu, Tidore memiliki potensi wisata bahari dan wisata sejarah yang tak kalah menarik untuk dikembangkan.

Asisten Deputi Bidang Pariwisata Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Kosmas Harefa mendorong usulan Kota Tidore Kepualauan dapat ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

”Kami mendampingi Pak Capt Ali, karena memang apa yang dibahas hari ini kami sangat paham, karena kami juga mengikuti tahapan-tahapannya. Dua tahun lalu dilaksanakan Sail Tidore, kemarin juga ada Hari Nusantara,” ucapnya.



Kosmas juga mengatakan, Tidore jika dilihat dari segi potensinya memang luar biasa, dan jika melihat dari diameter Maluku Utara potensi Kota Tidore Kepulauan juga luar biasa. Untuk itu, Kosmas berharap apa yang diperjuangkan agar dapat menjadi perhatian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)