Ini Dia 3 Indikator Penting Penilaian Jalur SNBP 2024, Apa Saja?

Jum'at, 19 Januari 2024 - 11:15 WIB
loading...
Ini Dia 3 Indikator Penting Penilaian Jalur SNBP 2024, Apa Saja?
Satu indikator penilaian SNBP adalah nilai rapor seluruh mata pelajaran yang dihitung rata-ratanya mencapai minimal 50%. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini informasi mengenai indikator penilaian jalur SNBP 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa. SNBP 2024 merupakan jalur seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru berbasis prestasi siswa.

SNBP 2024 ini mempertimbangkan penerimaan mahasiswa baru berdasarkan nilai rapor dan prestasi baik akademik maupun non akademik. Apa sajakah indikator penilaian untuk jalur SNBP 2024 ini yang perlu diperhatikan siswa atau para calon mahasiswa baru? Untuk menjawabnya, mengutip akun Instagram @masukpt, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

3 Indikator Penting Penilaian SNBP 2024 yang Perlu Diketahui Calon Mahasiswa


1. Nilai rapor seluruh mata pelajaran


Nilai rapor seluruh mata pelajaran yang dihitung rata-ratanya mencapai minimal 50%. Nilai rata-rata rapor ditotal dari semester 1 hingga semester 5.

2. Komponen penggali minat dan bakat


Ada beberapa komponen penggali minat dan bakat. Pertama adalah dari nilai rapor maksimal di pelajaran yang pendukung. Nilai rapor dari maksimal 2 mata pelajaran pendukung.



Kedua adalah prestasi siswa pendaftar SNBP 2024. Prestasi ini berupa prestasi akademik maupun non akademik.
Ketiga adalah portofolio. Portofolio ini dimasukkan apabila pilihan program studi berada pada bidang seni dan olahraga.

3. Sertifikat


Sertifikat dimasukkan sebagai bukti prestasi yang ada pada siswa eligible pendaftar SNBP 2024. Tidak semua sertifikat bisa dimasukkan. Hanya sertifikat yang berada pada tingkat nasional atau organisasi.

PTN juga menentukan presentase komponen rapor dan penggali minat bakat dengan total 100%. Bisa saja dalam sebuah perguruan tinggi negeri, memiliki penentuan yang berbeda di antara prodinya. Sehingga tergantung pada program studi yang dipilih dan perguruan tinggi negeri yang dituju siswa pendaftar SNBP 2024.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)