Pelayaran Laut Merah Kacau Balau, Ganggu Perdagangan Global

Jum'at, 19 Januari 2024 - 15:32 WIB
loading...
Pelayaran Laut Merah Kacau Balau, Ganggu Perdagangan Global
Keputusan AS dan Inggris untuk menyerang balik militan Houthi di Laut Merah meningkatkan kekacauan di seluruh industri perkapalan. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Keputusan Amerika Serikat (AS) dan Inggris untuk menyerang balik militan Houthi setelah berminggu-minggu menyerang pelayaran niaga di Laut Merah hanya meningkatkan kekacauan di seluruh industri perkapalan, menggarisbawahi ancaman krisis rantai pasokan yang akan terus berlangsung ketika kapal-kapal menavigasi rute perdagangan yang krusial.

Pada Rabu, kapal pengangkut komoditas ketiga dalam tiga hari diserang, kali ini oleh pesawat tak berawak. Para pejabat senior di industri pelayaran secara pribadi mengakui bahwa banyak awak kapal yang sekarang takut dengan prospek transit.

Tak lama setelah AS dan Inggris melancarkan serangan udara ke target Houthi di Yaman menandai langkah maju dari pendekatan yang lebih defensif yang dikenal sebagai Operasi Penjaga Kemakmuran angkatan laut barat menyarankan kapal-kapal untuk menjauh. Panduan tersebut secara terbuka diindahkan oleh pemilik dan operator setidaknya 2.300 kapal dagang dan beberapa perusahaan asuransi merespons dengan membatasi perlindungan.

Hasilnya adalah penurunan tajam dalam pengiriman melalui jalur air yang biasanya menangani sekitar 12% dari perdagangan lintas laut global. Arus minyak, gas, biji-bijian, dan barang-barang manufaktur semakin banyak dialihkan. Bahkan kapal pengangkut ternak pun tampaknya mengambil jalan memutar, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan kesejahteraan hewan.

"Ini adalah waktu yang sangat tidak pasti, dan saya pikir kita semua sedang menunggu untuk melihat dampak keseluruhan dari Operasi Penjaga Kemakmuran yang sedang berlangsung, dan juga pemogokan yang terbaru," kata John Stawpert, seorang manajer senior untuk perdagangan dan lingkungan di Kamar Pelayaran Internasional, yang mewakili pemilik sekitar 80% armada pelayaran global. Dampak potensial dari serangan-serangan ini sangat mengerikan bagi para awak kapal.



Setelah serangan terbaru AS di Yaman semalam, pemimpin Houthi Abdul Malik al-Houthi mengatakan dalam sebuah pidato yang disiarkan di televisi bahwa kelompok ini sekarang berada dalam konfrontasi militer langsung dengan AS, Inggris, dan Israel. Dia bersumpah bahwa serangan terhadap kapal-kapal yang dianggap oleh kelompok yang didukung Iran itu terkait dengan Israel akan terus berlanjut sampai perang di Jalur Gaza berakhir.

Biaya asuransi untuk kapal-kapal yang pelautnya nekat melintasi jalur air telah melonjak sepuluh kali lipat, termasuk peningkatan besar sejak serangan udara. Beberapa perusahaan asuransi bahkan berusaha mengecualikan kapal-kapal AS, Inggris, dan Israel dari pertanggungan, dan tarif pengiriman peti kemas serta pengangkutan minyak mulai naik.

Awak pesawat yang gugup, situasi keamanan yang penuh dengan kekhawatiran, transit yang terganggu, pengiriman yang tertunda, dan pasar kargo yang bergejolak telah menghidupkan kembali pembicaraan mengenai tekanan inflasi dan minyak yang lebih mahal, serta peringatan akan adanya gangguan pada rantai suplai yang dapat merusak ekonomi global.

"Bagi kami, ini berarti waktu transit yang lebih lama dan mungkin gangguan rantai pasokan setidaknya untuk beberapa bulan," ujar Kepala Eksekutif Perusahaan Transportasi Raksasa A.P. Moller-Maersk, dikutip The Japan Times, Jumat (19/1/2024).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)