Gaet Turis Asing, Ganjar Dorong Ponorogo Jadi Tuan Rumah Kesenian Reog Bertaraf Internasional

Jum'at, 19 Januari 2024 - 21:22 WIB
loading...
Gaet Turis Asing, Ganjar Dorong Ponorogo Jadi Tuan Rumah Kesenian Reog Bertaraf Internasional
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyambangi proyek pembangunan Museum Reog di Desa Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024). Foto: TPN Ganjar-Mahfud
A A A
PONOROGO - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyambangi proyek pembangunan Museum Reog di Desa Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024). Dia disambut atraksi kesenian ratusan Reog Ponorogo dan penari kuda lumping.

Ganjar berharap Ponorogo menjadi tuan rumah kesenian Reog dan menjadi pusat Reog yang tidak hanya bertaraf nasional, tetapi juga internasional sehingga banyak turis berdatangan dan mempelajari kesenian tersebut.



"Mudah-mudahan di Ponorogo orang akan melihat bahwa kalau belajar mengetahui meneliti tentang Reog bisa datang ke sini. Semacam Reog center," ujarnya.

Ganjar yang diusung PDIP, Partai Perindo, PPP, dan Hanura itu menegaskan kesenian Reog Ponorogo menjadi contoh pertunjukan seni yang mendunia.

"Reog itu bisa dijadikan salah satu contoh pertunjukan seni mendunia. Saya berkeliling ke banyak tempat di Indonesia, bahkan Suriname mereka berharap sekali, jadi sangat-sangat khas," katanya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu juga menyebutkan kesenian Reog Ponorogo nantinya menjadi tolok ukur kesenian tarian tradisional asli Indonesia.

Pelaku seni Reog juga harus memiliki standar dalam mengembangkan kesenian Reog sehingga Reog akan terus diperhitungkan sebagai budaya yang membanggakan bangsa Indonesia.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)