Tembus Target 2023, Krakatau Sarana Properti Tatap Ekspansi Bisnis ke IKN

Jum'at, 19 Januari 2024 - 11:32 WIB
loading...
Tembus Target 2023, Krakatau Sarana Properti Tatap Ekspansi Bisnis ke IKN
Pada 2024 ini PT Krakatau Sarana Properti yang merupakan salah satu unit bisnis dari BUMN Krakatau Steel berupaya untuk melakukan ekspansi bisnis ke Ibu Kota Nusantara. Foto/Dok
A A A
CILEGON - Pada 2024 ini, PT Krakatau Sarana Properti (KSP) yang merupakan salah satu unit bisnis dari BUMN Krakatau Steel berupaya untuk melakukan ekspansi bisnis ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Bisnis yang diincar adalah logistik, dengan tetap memperhatikan kondisi perusahaan.

"Kita baru saja kick-off kontrak manajemen dan RKAP tahun 2024. Memang akan ada beberapa perubahan strategi bisnis, dimana kami akan lebih menekankan pada pengembangan bagian dari sektor bisnis PT.KSP dengan tetap memperhatikan kondisi sosial ekonomi kita. Kami juga tengah mengkaji peluang bisnis di IKN dan saat ini kita sudah menunjuk konsultan dari salah satu Perguruan Tinggi ternama untuk melakukan kajian dan sudah hampir selesai," terang Direktur PT KSP Iip Arief Budimandalam keterangan tertulis di Cilegon, Kamis (18/1/2024).



"Kami akan segera bertemu dengan konsultan itu untuk memfinalisasi hasil kajian. Dari kajian itu kita akan melihat peluang untuk investasi di area penunjang IKN. Rencananya, kami akan mengembangkan kawasan penunjang yang mendukung lalu lintas logistik di IKN,” jelas Iip.

Kinerja KSP di sepanjang 2023 cukup menggembirakan. Direktur PT KSP Iip Arief Budiman mengungkapkan, berdasarkan perhitungan manajemen, target yang ditetapkan pada Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) berhasil dicapai. Menurut Iip, atas hasil kinerja semua unit bisnis di PT KSP yang positif tersebut layak mendapatkan nilai di atas 8.

“Untuk kinerja 2023 masih dalam proses final diaudit oleh akuntan publik. Alhamdulillah target tercapai, semoga setelah proses audit selesai tidak berubah banyak angkanya, jadi perhitungan kami dengan auditor tidak terlalu banyak perbedaannya,” ujar Iip Arief Budiman.



Lanjutnya ekspansi bisnis merupakan salah satu upaya dari perusahaan untuk mendapatkan pemasukan dari sektor bisnis baru di tahun ini. Selain itu PT KSP juga akan tetap menggenjot pemasukan dari sektor bisnis lainnya yaitu penjualan Kawasan Industri Krakatau, lalu hotel, persewaan gudang, sport center dan perumahan.

“Saat ini kami tengah membangun empat unit gudang baru yang sudah dimulai sejak November 2023 yang tentunya akan menjadi revenue baru pada tahun ini. Sudah ada sejumlah calon tenant yang menanyakan availability dari gudang yang baru dibangun tersebut,” jelas Iip.

Rencananya, empat unit gudang baru tersebut sudah bisa dipakai pada Februari 2024. Selain membangun gudang baru, PT KSP juga berencana mengembangkan sektor perumahan dan juga pusat olahraga.

Iip Arief Budiman juga optimistis, Kawasan Industri Krakatau masih sangat potensial dan strategis untuk menarik minat para investor baik lokal dan manca negara karena mempunyai infrastruktur dan fasilitas penunjangnya yang terbilang sangat lengkap. Terkait juga pelaksanaan pemilu pada bulan depan, Ia berharap pesta demokrasi lima tahun sekali itu bisa berjalan lancar dan damai.

“Pemilu yang damai dan suasana yang kondusif dan stabil, tentu ujungnya berdampak pada investor baik lokal dan luar negeri. Karena itu, tentu kita berharap, siapa pun yang akan jadi pemenang pada pemilu nanti, semua prosesnya akan berjalan lancar dan juga damai. Dunia usaha sangat berharap pemilu akan memberikan dampak positif terhadap bisnis di Tanah Air,” pungkas Iip.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4063 seconds (0.1#10.140)