Vietnam Kehilangan 2 Pemain usai Disikat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Sabtu, 20 Januari 2024 - 07:45 WIB
loading...
Vietnam Kehilangan 2 Pemain usai Disikat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023
Vietnam Kehilangan 2 Pemain usai Disikat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Foto: Reuters
A A A
DOHA - Timnas Vietnam diterpa kabar buruk usai kalah 0-1 dari Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 . The Golden Star Warriors -julukan Timnas Vietnam- harus rela kehilangan sejumlah pemainnya termasuk dua striker mereka, Pham Tuan Hai dan Nguyen Van Tung.

Ya, Timnas Vietnam asuhan Philippe Troussier takluk dari Timnas Indonesia dengan skor 0-1 di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Derby Asia Tenggara tersebut berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada Jumat (19/1/2024) malam WIB.



Gol tunggal Timnas Indonesia dicetak lewat tendangan penalti sang kapten, Asnawi Mangkualam, pada menit ke-42. Sementara itu, Vietnam harus bermain dengan 10 pemain setelah Le Pham Thanh Long mendapatkan kartu merah pada menit ke-90+1.

Selain kalah dari skuad Garuda, Vietnam juga mengalami kerugian besar dari segi kekuatan mereka akibat cedera pada pemainnya. Pasukan Philippe Troussier itu kembali mengalami kehilangan personel yang signifikan usai dipecundangi skuad Garuda.

Menurut laporan media Vietnam, The Thao 247, striker Timnas Vietnam, Pham Tuan Hai dan Nguyen Van Tung, mengalami cedera. Keduanya kemungkinan besar tidak bisa tampil di laga terakhir Grup D melawan Irak pada Piala Asia 2023 ini.

Pham Tuan Hai kesakitan setelah bertabrakan dengan pemain Timnas Indonesia di babak pertama dan tidak bisa melanjutkan permainan di babak kedua. Sedangkan Van Tung mengalami ketegangan otot saat mencoba berakselerasi dan harus meninggalkan lapangan dengan bantuan tim medis.

Sebelumnya, Vietnam juga tidak bisa diperkuat striker muda Nguyen Dinh Bac pada laga melawan Timnas Indonesia karena cedera saat latihan. Dengan demikian, Vietnam kehilangan ketiga penyerang mereka yang menjadi starter di dua laga awal Piala Asia 2024.

Di tangan pelatih Philippe Troussier, Vietnam kini hanya tinggal tersisa dua penyerang, yakni Van Toan dan Van Truong. Selain kabar buruk itu, Vietnam juga harus rela tersingkir lebih awal dari Piala Asia 2023 usai gagal mendapatkan poin dari dua laga.

Sementara itu, Timnas Indonesia akan melawan Jepang pada 24 Januari 2024 untuk berebut tiket tersisa menemani Irak di Grup D. Nantinya, selain juara grup dan runner-up grup, tim peringkat ketiga terbaik juga berhak lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)