alexametrics

GEN SINDO

Jasa Party Planner Makin Diminati Anak Muda

loading...
Jasa Party Planner Makin Diminati Anak Muda
FOTO/Mint Fox Stationery
A+ A-
BERBISNIS pada usia muda tengah jadi tren saat ini. Anak-anak muda tidak berhenti menciptakan inovasi-inovasi baru dengan mengerahkan segala ide dan kreativitasnya untuk dipadukan menjadi sesuatu yang menguntungkan.

Seperti halnya party planner. Usaha bermodal ide dan kreativitas ini banyak diminati oleh anak-anak muda karena adanya peluang besar. Jenis pesta yang sering kali digarap seperti birthday party, bridal and baby shower, office party, sampai wedding party. Menurut salah satu pengusaha muda di bidang party planner, Shintya Dias,25, pemilik Dias House, membuka usaha party planner memiliki peluang besar dengan hanya bermodalkan media sosial.

"Zaman sekarang adalah zaman setiap momen pasti diabadikan dan di-posting di media sosial. Nah, tugas kita sebagai party planner adalah membuat posting-an menjadi terlihat lebih menarik (instagrammable)," ujarnya.



Tahun ini bridal shower dan couple dinner menjadi jenis party yang paling banyak dipesan. Bridal shower merupakan acara yang dibuat oleh sahabat-sahabat calon pengantin perempuan melepas masa lajang. Walau terdengar sama dengan bachelorette party, bridal shower dan bachelorette party jelas berbeda. Perbedaannya terletak pada konsep acaranya.

Bachelorette party adalah acara yang dibuat calon pengantin perempuan untuk sahabat-sahabatnya tanpa ada hadiah apa pun. Pesta ini lebih mengutamakan waktu kebersamaan seperti bermain game seru. Di bridal shower, jasa penyedia pesta akan mendekor ruangan sesuai dengan permintaan kliennya. Detail desain menjadi faktor penting dalam prosesnya. "Kami selalu memikirkan detail di setiap dekorasi, tentunya dengan memperhatikan permintaan dari klien," kata Selvanny Ramadhina, pemilik SLV Party Planner.

Harga yang ditawarkan untuk dekorasi bridal shower pun variatif. Cukup mengeluarkan kocek Rp150.000-Rp250.000 per orang, minimum pemesanan untuk lima orang, acara yang bersifat tertutup ini bisa langsung digelar. Harga ini hanya untuk dekorasi, tanpa biaya makanan yang dipesan.

Sementara, untuk menyiapkan acara couple dinner, biaya yang harus dikeluarkan klien sekitar Rp350.000- Rp700.000 untuk dua orang dan sudah termasuk tempat serta dekorasi. Sama seperti bridal shower, klien couple dinner juga harus memesan makanannya sendiri kepada pihak restoran. Mereka yang memesan dekorasi untuk couple dinner, biasanya pasangan kekasih yang merayakan hari jadi, ulang tahun, atau melamar pujaan hatinya.

Ghea Pahleti,21, mengaku lebih memilih menggunakan jasa penyedia pesta dibandingkan mendekor sendiri karena lebih efisien. Selain itu, dengan dekorasi yang antimainstream bisa membuat suasana saat makan dan berbincang jadi lebih nyaman. "Kemarin aku pakai jasa party planner untuk ulang tahun pacarku dengan tema black and gold. Aku ingin ada kesan elegan, mewah, warm, dan romantic-nya tuh dapet banget," ujarnya saat diwawancarai.

Untuk dekorasi bridal dan birthday party (couple) biasanya klien harus memesan sepuluh hari sebelum acara berlangsung. Namun, tidak sedikit juga klien yang meminta dadakan.

Beda Konsep dan Dekorasi
Persiapan dekorasi dan konsep akan jauh berbeda dengan pesta pernikahan. Laila Nurazizah, melalui Nona Manis Creative Planner yang dimilikinya, melihat peluang besar dari bisnis ini. "Wedding bukan hanya jadi satu perhelatan di hidup, tapi jadi gaya hidup masyarakat semenjak bridestory muncul. Mereka (orang yang mau menikah) memimpikan pernikahan yang instagrammable," sebutnya.

Bagi Lele, sapaan Laila Nurazizah, mewujudkan keinginan klien menjadi kepuasan tersendiri. Ini dibuktikan dengan dekorasi yang selalu dibuat sesuai permintaan klien. Jadi jangan heran jika hiasan yang dibuat Nona Manis akan berbeda antara klien satu dan lainnya. "Dekorasi kami buat custom, jadi setiap dekor tidak akan sama. Dekorasi dan desain biasanya aku sesuaikan dengan kebutuhan dan karakter klien. Jadi lebih personal dekorasinya," ucap Lele.

Meski berkutat dengan segala hal yang berbau pernikahan, Lele dan timnya ternyata belum menikah.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak