Kisah Um Raed Melahirkan di Tengah Teror Bom Israel

Minggu, 21 Januari 2024 - 07:50 WIB
loading...
Kisah Um Raed Melahirkan di Tengah Teror Bom Israel
Um Raed duduk menggendong bayi laki-lakinya. Al Jazeera
A A A
Di Jabalia, Jalur Gaza , kegembiraan menyambut bayi yang baru lahir dirusak. Ya, dirusak oleh penderitaan karena harus berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Para ibu berjuang melahirkan ketika jet tempur Israel melesat di atas kepala mereka. Bayi-bayi itu lahir di tengah ketidakpastian mengenai masa depan mereka.

Um Raed duduk menggendong bayi laki-lakinya, terbungkus selimut berbulu halus dan tidur nyenyak, mungkin merasa tenang dengan suara ibunya dan gerakan goyangnya saat menggendongnya.

Dia sering sakit-sakitan sejak kelahirannya, kata Um Raed, matanya membelalak dan serius, rasa frustrasi karena tidak mampu berbuat lebih banyak untuk anaknya terlihat jelas di wajahnya.



“Saya mencapai masa penuh di sini, di tempat penampungan sekolah,” kenangnya, “tetapi persalinan saya belum dimulai, mungkin karena ketakutan yang saya alami.

“Jadi saya akan berjalan kaki dari sini ke RS Kamal Adwan untuk diperiksa setiap hari. Saya melakukan itu selama tiga hari – tidak mengerti mengapa persalinan saya tidak kunjung dimulai.”

Seperti ribuan ibu lainnya di Gaza, ketika persalinannya dimulai, dia harus melahirkan dalam kondisi yang tidak sempurna dan tidak sehat tanpa adanya tindakan pencegahan keselamatan hanya karena sistem layanan kesehatan di Gaza telah kehabisan segalanya.

“Saat melahirkan, saya tidak tahu apakah saya harus fokus pada kontraksi atau pada suara pesawat tempur di atas. Haruskah saya mengkhawatirkan bayi saya, atau haruskah saya takut dengan serangan apa pun yang terjadi saat itu?

“Tahukah Anda, untuk bayi yang masih kecil, dia telah belajar mengenali suara bom. Setiap kali ada pengeboman di sini, dia kaget dan ketakutan. Saya rasa bayi semuda ini tidak seharusnya mengenali bahaya dengan cara seperti ini.”



Pada tanggal 9 Oktober, Israel memperkuat pengepungannya di Gaza, tidak memberikan makanan, air, dan obat-obatan kepada rakyatnya, termasuk satu juta anak-anak, sekitar sepertiga di antaranya berusia di bawah lima tahun.

Bayi baru lahir adalah kelompok yang paling rentan karena ibu mereka sering kali tidak mendapatkan cukup kalori untuk dapat menyusui mereka dan persediaan susu formula bayi terbatas.

Ketika ditanya apa keinginannya untuk bayi laki-lakinya, Um Raed menjawab “vaksin”.

Dalam jangka panjang, katanya, dia berharap apa yang diharapkan oleh setiap ibu untuk anaknya, yaitu Raed tumbuh dalam lingkungan yang sehat, dalam damai dan tidak menderita karena kemiskinan dan tidak belajar tentang perang di usia yang begitu muda.

Namun, inilah realita peperangan yang dialami ribuan bayi yang dilahirkan, dan tidak terlihat adanya akhir.

Meskipun mereka mengharapkan yang terbaik untuk bayi mereka, mereka juga takut akan apa yang mungkin terjadi pada mereka jika Israel terus melakukan serangan di Gaza.

Um Raed adalah satu dari ribuan perempuan di Gaza yang terpaksa melahirkan dan merawat bayi mereka yang baru lahir di bawah perang Israel sebagai pembalasan atas serangan Hamas pada 7 Oktober.



Perang telah menghancurkan sistem layanan kesehatan di Gaza pada saat 180 bayi lahir setiap hari, menurut angka PBB. Dari 7 Oktober hingga 5 Januari, Organisasi Kesehatan Dunia mendokumentasikan 304 serangan Israel terhadap fasilitas kesehatan di Gaza, yang juga menewaskan lebih dari 300 petugas medis.

Kekurangan tenaga medis dan bidan, ditambah dengan pengepungan Israel di Gaza, mengancam kehidupan banyak perempuan hamil dan bayi.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6134 seconds (0.1#10.140)