Peluncuran Satelit Milik Iran Picu Kekhawatiran AS dan Sekutunya, Kenapa?

Minggu, 21 Januari 2024 - 16:30 WIB
loading...
Peluncuran Satelit Milik Iran Picu Kekhawatiran AS dan Sekutunya, Kenapa?
AS dan Sekutunya khawatir dengan peluncuran satelit milik Iran. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Iran pada Sabtu (21/1/2024) telah berhasil melakukan peluncuran satelit ke orbit tertingginya, yang merupakan program terbaru yang dikhawatirkan Barat dapat meningkatkan kemampuan rudal balistik Teheran.

Pengumuman tersebut disampaikan ketika meningkatnya ketegangan di Timur Tengah terkait perang yang sedang berlangsung antara Israel terhadap Hamas di Jalur Gaza, dan hanya beberapa hari setelah Iran dan Pakistan terlibat dalam serangan udara saling balas di negara masing-masing.

"Satelit Soraya ditempatkan pada orbit 750 kilometer di atas permukaan bumi dengan roket tiga tahap," demikian laporankantor berita IRNA.

IRNA tidak segera mengakui apa yang dilakukan satelit tersebut, meskipun Menteri Telekomunikasi Isa Zarepour menggambarkan peluncuran tersebut memiliki muatan 50 kilogram.

Peluncuran tersebut merupakan bagian dari program luar angkasa Garda Revolusi Iran dan juga program luar angkasa sipil Iran.

Belum ada konfirmasi independen bahwa Iran telah berhasil menempatkan satelit tersebut ke orbit.



Militer AS dan Departemen Luar Negeri tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Amerika Serikat sebelumnya mengatakan peluncuran satelit Iran melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan meminta Teheran untuk tidak melakukan aktivitas yang melibatkan rudal balistik yang mampu menghasilkan senjata nuklir.

Sanksi PBB terkait program rudal balistik Iran berakhir pada bulan Oktober.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)