Memulai Usaha Itu Mudah, Temukan Masalah dan Cari Solusinya

Selasa, 08 Mei 2018 - 14:01 WIB
Memulai Usaha Itu Mudah, Temukan Masalah dan Cari Solusinya
Memulai Usaha Itu Mudah, Temukan Masalah dan Cari Solusinya
A A A
GARUT - CEO Smartplus Accelerator Bezia Galih Manggala mengatakan, peluang usaha berbasis digital dinilai masih sangat besar. "Masyarakat bisa menggali semua potensi dan membuat usaha sendiri," ujarnya di acara Diginesia di Universitas Garut (Uniga), Selasa (8/5/2018).

Bezia didaulat menjadi pembicara, memotivasi ratusan mahasiswa Uniga. Menurut dia, perkembangan era digital mestinya menjadi peluang untuk membuka usaha baru. Berbagai aplikasi bisa diciptakan untuk membuka usaha baru.

"Sekarang eranya digital. Bagaimana kita menjadi bagian dari perkembangan digital ini, dengan menciptakan usaha baru," kata dia.

Dihadapan ratusan mahasiswa, dia bercerita bagaimana pendiri Tokopedia, awalnya jualan dari warnet, kemudian memiliki banyak konsumen. Saat ini, Tokopedia, menjadi salah satu marketplace yang mampu menggeser ratusan toko ritel.

Dia pun bercerita, ketika berusia 19 tahun, telah memimpin radio yang siaran di 32 negara. Ide munculnya radio online diawali ketika ada kebutuhan masyarakat Indonesia yang ada di luar negeri untuk mendengarkan siaran Indonesia.

Menurut dia, perkembangan bisnis sangat pesat. Kalau tidak dimulai dari sekarang, nanti akan ketinggalan. Dia memperkirakan, pada 2020 nanti sudah established. Usaha harus dimulai saat ini, minimal buka akun Instagram mulai jualan.

"Sekarang tanpa modal, sudah bisa jualan. Misalnya buka jasa cuci motor dengan konsep mendatangi konsumen. Dan masih banyak sekali peluang membuka usaha lainnya," jelas dia.

Diakui dia, memulai usaha tidaklah susah. Langkah pertama adalah mencari masalah. Setelah menemukan masalah, kemudian mencari solusinya. Solusi itu yang kemudian diciptakan menjadi peluang usaha. Caranya, memanfaatkan semua fasilitas digital.

Acara Diginesia 2018 digelar oleh SINDOnews bekerjasama dengan SBM. Event dengan tema "UMKM Prospect and Challenges in Millennial Era" didukung Suzuki Indomobil, PT PLN (Persero), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Diginesia merupakan rangkaian acara yang terdiri atas workshop, coaching, serta kompetisi. Diginesia merupakan upaya untuk memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui workshop entrepreneur kepada generasi muda.

Acara perdana di Kampus Uniga, Garut, diikuti sekitar 300 mahasiswa Uniga dan umum. Rencananya, acara ini akan digelar di 10 kampus di 10 kota. Di antaranya Garut, Bandung, Bogor, Jakarta, Tangerang, Surabaya, Malang, Sidorarjo, Palembang, dan Bali.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5428 seconds (0.1#10.140)