Investor Untung Banyak jika Suku Bunga Naik

Kamis, 10 Mei 2018 - 16:12 WIB
Investor Untung Banyak jika Suku Bunga Naik
Investor Untung Banyak jika Suku Bunga Naik
A A A
JAKARTA - Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang mengungkapkan, investor asing akan untung banyak jika Bank Indonesia menaikkan suku bunga. Sebab, tingkat imbal hasil investasi bisa meningkat bagi mereka yang menaruh uangnya di Tanah Air.

Edwin menjelaskan, pemerintah perlu menghitung secara cermat dalam menaikkan suku bunga karena akan mengorbankan pertumbuhan ekonomi dengan daya beli melemah.

"Nakkan suku bunga di situlah benar dibutuhkan pemerintah dalam hitungannya. Apakah dari sisi biaya lebih murah, naikkan bunga atau intervensi?" ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (10/5/2018).

Namun, Edwin menjelaskan, urgensi menaikkan suku bunga ini harus ditelaah pihak yang paling menginginkan hal tersebut, benar atau tidak.

"Masalahnya sekarang yang minta naikkan suku bunga siapa? Beberapa pemilik modal takutnya minta suku bunga naik supaya dapat return besar, tapi takutnya harapan palsu," katanya.

Menurutnya, dengan suku bunga yang naik belum tentu akan menarik minat investor. Bisa saja justru mereka malah keluarkan dana dari Indonesia, sehingga berakibat rupiah makin melemah.

"Karena gampang lakukan cornering ke Indonesia kalau rupiah enggak mahal. Cadangan devisa kita kecil, bisa lakukan cornering, kalau cadangan devisa China USD3 triliun, banyak yang mau? Kita kan kecil," tutur Edwin.

Bahkan, Edwin berseloroh berapapun kenaikan suku bunga BI, investor akan sangat bergembira menikmati keuntungan yang diperoleh dari imbal hasil.

"Kalau 25 basis points (bps) sampai 50 bps besar buat mereka return-nya. Ini kepintaran pemerintah hitung biaya itu, apalagi kalau 50 bps, tepuk tangan mereka," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8085 seconds (0.1#10.140)