Kolaborasi dengan KAI, Pertamina Luncurkan Vending Machine UMKM

Senin, 22 Januari 2024 - 22:16 WIB
loading...
Kolaborasi dengan KAI, Pertamina Luncurkan Vending Machine UMKM
Pertamina berkolaborasi dengan KAI meresmikan vending machine UMKM di Stasiun KAI Gondangdia, Senin (22/1/2024). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meresmikan vending machine usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Stasiun KAI Gondangdia, Senin (22/1/2024). Vending machine UMKM tersebut akan memajang lebih dari 20 produk dari sepuluh mitra binaan, selama 24 jam setiap harinya.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan UMKM harus dibantu lewat langkah-langkah strategis dalam memperkuat ekosistem UMKM. Hal ini dilakukan dengan menciptakan kolaborasi yang saling menguntungkan antara UMKM dengan BUMN, sekaligus pemberdayaan UMKM dengan memberikan ruang untuk promosi.

"Vending machine ini beroperasi otomatis dan bisa dipakai 24 jam penuh. Produk-produknya dari UMKM bisa dijual langsung kepada konsumen. Penumpang kereta atau masyarakat yang sedang berada di stasiun bisa membeli produk-produk UMKM kapan saja. Ini sesuai dengan arahan Menteri Erick yang ingin memberikan akses pasar lebih luas bagi UKM terutama di lokasi-lokasi ramai dan strategis seperti di stasiun kereta," kata Arya.



Penempatan vending machine memberikan fasilitas kepada UMKM dalam memanfaatkan aset-aset BUMN sebagai ruang bagi UMKM, yang strategis berlokasi di tengah lalu lalang penumpang kereta api, di area tenant makanan dan minuman. Memberikan peluang bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan awareness, mencapai target pasar, dan memperkuat image produk di masyarakat.

Corporate Secretary Pertamina Brahmantya S Poerwadi menambahkan vending machine di Stasiun Gondangdia saat ini menyediakan 27 produk makanan ringan dari sepuluh UMKM unggulan. Masyarakat dapat memilih produk, dengan transaksi pembayaran mudah menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS).

"Semua produk yang dihadirkan telah melalui proses kurasi yang ketat, hal ini untuk menjamin kualitas dari produk yang akan diterima oleh pelanggan, di mana sudah memiliki sertifikat produksi pangan dan halal," ujarnya.



Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan vending machine Pertamina kali ini merupakan yang pertama. Namun, ke depan Pertamina akan menambahkan vending machine serupa di beberapa lokasi strategis lainnya.

"Melalui vending machine UMKM, Pertamina siap memberi dukungan bagi masyarakat dan pelaku UMKM lokal untuk memperluas pasar agar bisa mandiri secara ekonomi," ucap Fadjar.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)