Riana Bismarak Kembangkan Diri dengan Jadi Entrepreneur

Minggu, 13 Mei 2018 - 14:35 WIB
Riana Bismarak Kembangkan Diri dengan Jadi Entrepreneur
Riana Bismarak Kembangkan Diri dengan Jadi Entrepreneur
A A A
MENURUT Riana Bismarak, kesuksesan tidak harus selalu mengarah ke atas. "Sukses itu ternyata tidak harus selalu ke atas, bisa juga ke samping," ungkap founder market place Belowcepek.com ini.

Setelah menjadi seorang entrepreneur, banyak hal yang bisa dilakukan Riana. Itu yang disebutnya sebagai sukses ke samping. Bukan posisi yang semakin tinggi, kini Riana me rasa ilmunya makin berkembang. Hobi dan impiannya pun dapat dicapai. Gara-gara suka olah raga, saat ini Riana didapuk menjadi instruktur pound fit besertifikat.

Pengalaman membangun Belowcepek membuat Riana dipercaya menjadi pembicara mengenai entrepreneur wanita, khususnya untuk ranah online. Lantaran selalu bergelut dengan fashion wanita, alumnus sekolah tinggi pariwisata ini lantas juga dipercaya menjadi seorang stylist.

Riana pernah merasakan 16 tahun menjadi pegawai swasta. Bahkan posisi puncak sudah diraihnya. Namun setelah itu, dia malah banting setir, mulai dari nol untuk menjadi pengusaha. "Jadi entrepreneur yang penting suka karena akan dikerjakan setiap waktu, setiap detik, pakai uang sendiri lagi. Kalau tak suka, pasti akan tertekan. Tidak ada cara singkat berwirausaha, semua ada prosesnya," ujarnya.

Riana mengibaratkan entrepreneur itu seperti maraton. Bukan lari sprint. Jadi, napasnya harus panjang, harus punya niat besar, dan mau lelah. "Dulu saya Senin sampai Jumat bekerja, Sabtu dan Minggu ikut bazar. Sampai dirasa sudah stabil, baru saya resign," kenangnya.

Memang tidak wajib bagi setiap orang untuk punya bisnis. Riana pun mengaku, tak pernah mengajak orang untuk jadi seperti dirinya. Namun, jika sudah punya niat kuat, Riana berpesan untuk lakukan secepat mungkin, tidak perlu menunggu pensiun. Mental entrepreneur juga harus ada karena uang yang kita punya milik perusahaan, milik karyawan kita.

"Dulu waktu masih jadi direktur, mau habiskan uang bulan ini juga silakan. Bulan depan kan dapat lagi. Kalau sekarang kita harus punya uang untuk kehidupan perusahaan sampai tiga bulan ke depan. Seru hidup seperti ini. Bagi saya, memang orang yang punya niat saja yang bisa jadi pengusaha," tuturnya.

Bagaimana pun, segala perjuangan dan yang dijalani sekarang membuat Riana lebih puas terhadap hidupnya.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5061 seconds (0.1#10.140)