alexametrics

Danone-Aqua, Alfamart dan Telkomsel Kolaborasi Kembangkan Smart Drop Box

loading...
Danone-Aqua, Alfamart dan Telkomsel Kolaborasi Kembangkan Smart Drop Box
Danone-Aqua, Alfamart, Telkomsel dan Smash dengan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meluncurkan Smart Drop Box (SDB) saat Car Free Day. Foto/Anto
A+ A-
JAKARTA - Danone-Aqua, Alfamart, Telkomsel dan Smash dengan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meluncurkan Smart Drop Box (SDB) saat Car Free Day Jakarta, hari ini. Smart Drop Box merupakan tempat sampah pintar yang dilengkapi sistem pemindai barcode botol plastik serta terhubung dengan aplikasi mySmash.

Melalui aplikasi tersebut, para pengguna SDB bisa mencatatkan sampak botol yang dikumpulkan dan mendapatkan imbalan poin yang dapat dipakai sebagai pembayaran online. Sebelumnya pengguna tempat sampah pintar harus menggunduh aplikasi lalu memindai barcode pada botol plastik yang akan dibuang dan barcode SDB untuk kemudian mendapatkan imbalan dalam bentuk poin T-Cash (produk e-money Telkomsel).

Sebanyak 80 Smart Drop Box akan ditempatkan pada gerai Alfamart di wilayah Jakarta dan Tangerang sepanjang tahun 2018 ini. Sebagai pengenalan awal ke masyarakat, Danone-Aqua sebagai sponsor resmi Asian Games juga akan menyebar 30 SDB di sekitar veneu pertandingan di Jakarta selama perhelatan besar tersebut berlangsung.

"KLHK terus mendorong upaya pengurangan sampah yang dilakukan oleh produsen. Kita berikan apresiasi untuk kolaborasi yang dilakukan oleh produsen dengan berbagai pihak lewat pemanfaatan teknologi untuk mempermudah prosesnya. Pengembangan Smart Drop Box merupakan langkah terbaik dan diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya dan bekerja sama lintas sektor," ujar Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah dan Bahan Beracun Berbahaya KLHK, Novrizal Tahar di Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Melalui kerja sama ini, Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto berharap bisa mendorong tumbuhnya masyarakat yang bijak berplastik. "Hal ini untuk mengedukasi konsumen bahwa sampah plastik dapat didaur ulang dan memiliki nilai ekonomi serta berkontribusi untuk mengatasi masalah sampah di Indonesia," terang Vera.

Tercatat berdasarkan hasil riset Analis Arus Sampah, Rantai Nilai dan Daur Ulang di Indonesia yang dilakukan oleh Sustainable Waste Indonesia (WSI) pada tahun 2017, diperkirakan sebanyak 1,3 juta tin sampah plastik mencemari lingkungan tiap tahunnya termasuk yang ada di lautan. Bahkan diprediksi pada 2050, akan lebih banyak jumlah sampah plastik di lautan.

Lantaran hal itu, Vera menekankan program SDB menjadi komitmen Danone-Aqua untuk menuju perusahaan yang 100% sirkular. Kerja sama ini juga disambut positif oleh Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Ivan Hermawan yang berharap lewat kolaborasi empat perusahaan ini bisa membuat masyarakat lebih aware dengan kebersihan lingkungan terutama sampah plastik.

Diterangkan oleh Vice President Corporate Planning Telkomsel Andi Kristianto lewat teknologi khususnya IoT yang diterapkan pada Smart Drop Box menjadi bagian upaya Telkomsel dalam mengakselerasi terbentuknya ekosistem IoT di Indonesia. "Ini sejalan dengan visi kami melakukan transformasi digital," terangnya.

Sementara Chief Executive Officer Smash Putra Fajar Alam menjelaskan, bahwa solusi inovasi Smart Drop Box berguna untuk menambah value chain end-to-end upaya kepedulian terhadap lingkungan dengan menggunakan teknologi informasi.

Danone-Aqua, Alfamart, Telkomsel dan Smash berkolaborasi membangun model pengelolaan sampah botol plastik PET yang terintegrasi dengan melibatkan peran aktif masyarakat. Smash sebagai pengembangan aplikasi berperan mendesain dan mengoperasikan sistem online yang terpasang di SDB dan aplikasi mySmash. Adapun Telkomsel mengawal dengan kartu perdana khusus yang didesain untuk konektivitas antar barang (Internet of Things SIM Card).

Alfamart sneidir berperan sebagai collection unit (titik pengumpulan) sampah botol plastik melalui jaringan gerainya. Sementara Danone-Aqua menyediakan imbalan bagi pengguna SDB dalam bentuk poin T-Cash dan memfasilitasi pengangkutan sampah botol plastik dari SDB ke bank sampah terdekat untuk kemudian diproses lebih lanjut di Unit Bisnis Daur Ulang yang berada di Tangerang Selatan.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak