alexametrics

Harga Minyak Mentah Dunia Jatuh Dibayangi Peningkatan Pasokan

loading...
Harga Minyak Mentah Dunia Jatuh Dibayangi Peningkatan Pasokan
Harga minyak mentah dunia mengalami penurunan di awal perdagangan hari ini, Rabu (16/5/2018) dibayangi sinyal peningkatan pasokan global. Foto/Ilustrasi
A+ A-
SINGAPURA - Harga minyak mentah dunia mengalami penurunan di awal perdagangan hari ini, Rabu (16/5/2018) dibayangi sinyal peningkatan pasokan global. Meskipun sentimen positif sebenarnya datang dari upaya pemangkasan produksi oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Dunia (OPEC) yang tetap berlanjut ditambah sanksi kepada Iran.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak mentah berjangka Brent yang menjadi patokan internasional untuk harga minyak diperdagangkan pada level USD78,07 per barel atau lebih rendah 36 sen yang setara 0,5% dari penutupan terakhir. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS berada di posisi USD71,02 per barel usai kehilangan 28 sen atau 0,4% dari sesi sebelumnya.

Namun dua patokan harga minyak tersebut masih tetap mendekati level tertinggi November 2014 di antarea USD79,47/Barel dan USD71,92 per barel yang dicapai pada hari sebelumnya. Selanjutnya masih ada sinyal di pasar minyak Internasional yang dapat memberikan jeda bagi investor keuangan. Harga spot minyak mentah kargo berada pada harga paling tinggi secara berjangka.

Penjual disebutkan masih berjuang untuk menemukan pembeli untuk kargo Afrika Barat, Rusia dan Kazakh, sementara pasokan pipa bottleneck macet di Texas barat dan Kanada. Sementara beberapa indikator menyiratkan secara keseluruhan kondisi pasar minyak mentah telah diperketat sejak 2017 saat OPEC yang dipimpin oleh Arab Saudi, mulai menahan pasokan untuk mendorong harga minyak.

Ditambah dengan sanksi baru AS kepada Iran dan permintaan minyak yang kuat, para analis mengatakan pasar minyak mentah kemungkinan akan tetap relatif ketat untuk sebagian besar tahun ini. Harga minyak yang lebih kuat juga meluber ke pasar lain. Namun pada perdagangan hari ini, harga minyak justru sedikit tertekan meski masih berada dalam jalur positif.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak